Sikat Miliaran Anggaran Daerah Untuk Pemilu, Bupati dan Anggota DPRD Dibawa Nginap ke Rutan KPK


Sikat Miliaran Anggaran Daerah Untuk Pemilu, Bupati dan Anggota DPRD Dibawa Nginap ke Rutan KPK

Dana Anggaran Pemerintahan (Ilustrasi/Foto by Kejoranews.com)

NASIONAL I KEJORANEWS.COM : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua orang pelaku dalam dugaan tindak pidana korupsi berupa pemotongan anggaran dan penerimaan suap di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kedua pelaku tersebut yaitu BBSB Bupati Kapuas periode 2013 sampai dengan d 2018, dan 2018 sampai dengan 2023, serta AE Anggota DPR RI.

KPK selanjutnya melakukan penahanan kepada para pelaku untuk 20 hari pertama, terhitung mulai tanggal 28 Maret sampai 16 April 2023. Penahanan dilakukan di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih.

Dalam konstruksi perkara ini BBSB diduga menerima fasilitas dan sejumlah uang dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab. Kapuas dan beberapa pihak swasta. Kemudian pelaku AE diduga aktif turut campur dalam proses pemerintahan, antara lain dengan memerintahkan beberapa Kepala SKPD untuk memenuhi kebutuhan pribadinya dalam bentuk pemberian uang dan barang mewah. Dimana sumber uangnya berasal dari berbagai pos anggaran resmi pada SKPD di lingkungan Pemkab Kapuas.

Fasilitas dan sejumlah uang yang diterima BBSB digunakan, antara lain untuk biaya operasional dalam pemilihan Bupati Kapuas, pemilihan Gubernur Kalimantan Tengah, serta keikutsertaan AE dalam pemilihan anggota legislatif DPR RI pada tahun 2019. Kemudian terkait pemberian izin lokasi perkebunan di Kabupaten Kapuas, BBSB diduga menerima sejumlah uang dari pihak swasta. Mengenai besaran uang yang diterima BBSB dan AE sejauh ini sejumlah sekitar Rp 8,7 Miliar.

Sikat Miliaran Anggaran Daerah Untuk Pemilu, Bupati dan Anggota DPRD Dibawa Nginap ke Rutan KPK
Pelaku Jenis Kelamin Wanita dan Pria saat Berada di Gedung KPK RI (Foto by KPK RI)
Atas perbuatannya, para pelaku disangkakan melanggar Pasal 12 huruf f dan Pasal 11 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

KPK telah melakukan identifikasi risiko korupsi pada modus ini, dan terus melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah melalui Monitoring Centre fo Prevention (MCP), dengan salah satu fokus areanya adalah manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN). Agar tata kelola ASN, mulai dari rekrutmen, mutasi, ataupun promosi, terhindar dari praktik-praktik korupsi. Termasuk pungutan oleh Kepala Daerahnya.


KPK RI
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama