Musrenbang RKPD Tahun 2024 Anambas, Fokus pada 4 Program Prioritas


Musrenbang RKPD Tahun 2024 Anambas, Fokus pada 4 Program Prioritas

Bupati dan Wakil Bupati Anambas-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH, MH, membuka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang) tahun 2024 di Ruang Aula Prof. M Zein, Kantor  Bupati Kepulauan Anambas, Selasa (28/3/2023).


Musrenbang untuk membahas usulan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai visi dan misi pembangunan  Anambas di tahun 2024 mendatang ini, mengangkat tema 'Penguatan Sumber Daya Manusia, Ketahanan Ekonomi, serta Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan Transparan'.


Dalam pidatonya, Abdul Haris S.H.,M.H, mengatakan bahwa Musrenbang RKPD tahun 2024 disusun sebagai bentuk harmonisasi kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi terhadap pemerintah Kabupaten  Anambas sesuai realitas kebutuhan masyarakat.


"Tema pembangunan ini juga tentunya disejalankan dengan isu-isu yang menjadi perhatian kita saat ini. Seperti pengentasan kemiskinan dan stunting, di samping isu pemilihan presiden, legislatif dan kepala daerah," ucapnya.


Menurutnya, isu pengentasan kemiskinan dan stunting merupakan isu yang saling mendukung.


" Bila dilihat dari sektor sosial dan ekonomi, pengentasan kemiskinan dapat menstimulan rasa kesetiakawanan untuk saling membantu masyarakat dalam kondisi ketidakberdayaan. Begitu juga dengan isu stunting, memberi dampak perhatian serius terhadap tumbuh kembangnya generasi penerus bangsa untuk menciptakan SDM tangguh. Data BPS Anambas mencatat angka kemiskinan kita lebih kurang satu persen sekian. Bila diakumulasi mencapai 130an keluarga. Tentu ini harus menjadi perhatian kita bersama, nanti saya minta Sekda untuk mendata dan kita coba untuk upayakan segala sesuatu yang bisa dibantu," terangnya.


Haris menambahkan, pada Musrenbang RKPD tahun 2024, Pemkab  Anambas akan fokus kepada empat prioritas pembangunan. Yakni, 1. peningkatan kesejahteraan sosial dan SDM unggul yang berakhlak karimah. 2. Peningkatan ekonomi dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah. 3. Peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur dasar dan penunjang perekonomian, serta 4. peningkatan birokrasi yang melayani dan inovatif serta otonomi desa yang berdaya saing.


"Untuk infrastruktur dasar, kita masih fokus pada ketersediaan air bersih, telekomunikasi dan transportasi. Selain itu, kita telah berkirim surat ke Presiden maupun Dirut PLN. Selain itu pembangunan jembatan Selayang Pandang I dan Pelabuhan Roro di Teluk Rit juga sudah masuk perencanaan di 2023 dan akan mulai dilaksanakan pada tahun 2024," sebutnya.


Ketua DPW PPP Kepri ini berharap, angka kemiskinan makro dari 7,51 persen di tahun 2022 dapat turun menjadi 6 persen di tahun 2024. Untuk indeks pembangunan manusia meningkat dari 69,61 persen di tahun 2022 diupayakan menjadi 74,21 persen di tahun 2024. Tingkat partisipasi angkatan kerja 71,64 persen di tahun 2022 dapat menjadi 68,70 persen di tahun 2024. Laju pertumbuhan ekonomi (tanpa migas) dari 3,62 persen di tahun 2022 diupayakan mencapai 3,97-4,97 persen di tahun 2024. Lalu indeks gini ratio 3,31 persen di tahun 2022 menjadi 0,26 persen di tahun 2024 dan nilai SAKIP tahun 2022 dengan predikat B diharapkan meningkat di tahun 2024.


"Untuk mewujudkan rencana pembangunan ini, tentunya perlu peran serta bersama dan sumbangan pemikiran yang inovatif dan kreatif agar  Anambas dapat maju dan sejahtera," pungkasnya Bupati.


( Yuni S)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama