Gubernur Kepri Hadiri Peletakan Prasasti Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Lingga


Gubernur Kepri Hadiri Peletakan Prasasti Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Lingga

Gubernur Kepri Hadiri Peletakan Prasasti Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Lingga
Suasana Kegiatan (Foto by Pemkab Lingga)

LINGGA I KEJORANEWS.COM : Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H.Ansar Ahmad menghadiri kegiatan Peresmian Kampung Cinta Bangga Paham Rupiah dan Peletakan Prasasti Ekspedisi Rupiah Berdaulat Tahun 2023, dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan ini mengusung tema “Sinergi dan inovasi untuk ketahanan pangan nasional melalui program Kepri Bersahabat (Berkolaborasi dalam stabilitas harga dan pasokan bahan pangan antar daerah)”, di Gedung Daerah Dabo Singkep, Lingga - Kepri, (13/3).

Kegiatan, melibatkan seluruh pimpinan se Kepri dengan masing-masing daerah mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri kegiatan yang diselenggarakan di Kabupaten Lingga.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepri menyampaikan apresiasinya atas kinerja Bank Indonesia dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepri dan TPID Kab/Kota Se-Kepri, termasuk bank atas berbagai upaya pengendalian inflasi di Kepulauan Riau ini.

Adapun berbagai upaya pengendalian inflasi tersebut di antaranya pelaksanaan koordinasi TPID dan sinergi program melalui High Level Meeting (HLM), dan berbagai rapat koordinasi tim teknis, pelaksanaan pasar murah/operasi pasar untuk menjaga stabilitas harga, Penandatanganan MoU Kerja sama Antar Daerah, baik di intra Provinsi Kepri maupun antar provinsi, Perluasan Urban Farming dan Digital Farming serta bantuan alsintan bagi petani serta Launching GNPIP Tahun 2022 di Kepri.

Gubernur Kepri Hadiri Peletakan Prasasti Ekspedisi Rupiah Berdaulat di Lingga
Gubenur Kepri Menyerahkan Secara Simbolis Bantuan Kepada Bupati Lingga (Foto by Pemkab Lingga)
Berikutnya, selaku tuan rumah Bupati Lingga berharap kedepannya tentu program-program yang sifatnya mikro ini dapat berkelanjutan sehingga dampaknya kepada masyarakat dapat dirasakan secara langsung.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Kepri, sebagai langkah nyata dalam pengendalian inflasi menjelang Ramadhan dan Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Lebaran 1444 H, serta optimalisasi momentum GNPIP Nasional di Sulawesi Selatan dan GNPIP Sumatera di Sumatera Selatan.

GNPIP Kepri 2023, juga disinergikan dengan Peresmian Kampung Cinta Bangga Paham Rupiah pertama di Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan Provinsi Kepulauan Riau.

Terkait pengendalian inflasi, Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepri juga memberikan program bantuan tanaman cabe 5 hektar, berupa benih cabe, mulsa, pupuk organik dan NPK ke Pemerintah Kabupaten Lingga. Kemudian, Perwakilan BI Kepri juga memberikan bantuan berupa 25 ribu bibit cabai kepada Tim Penggerak PKK Provinsi Kepri.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Lingga, Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau dan Ketua TP PKK Kabupaten Lingga, Tim Percepatan Pembangunan, Kepala Perwakilan BI Kepri, Kepala BPS Kepri, Kepala Barenlitbang Provinsi Kepri, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, Kepala Dinas Kominfo Kepri, Kepala Disperindag Provinsi Kepri, Kepala Biro Adpim Provinsi Kepri serta seluruh tamu undangan lainnya yang turut hadir pada kesempatan ini.


Pemkab Lingga

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama