Empat Kali Berturut - turut, Bintan Raih Anugerah Adipura


Empat Kali Berturut - turut, Bintan Raih Anugerah Adipura

Empat Kali Berturut - turut, Bintan Raih Anugerah Adipura
Suasana Menteri LHK RI Menyerahkan Langsung Adipura ke Bupati Bintan (Foto by Pemkab Bintan)

BINTAN I KEJORANEWS.COM : Pemerintah Kabupaten Bintan kembali meraih penghargaan Anugerah Adipura kategori Kota Kecil Tahun 2022. Dan menjadi Adipura ke empat kalinya secara berturut-turut, yakni tahun 2016, 2017, 2018 dan 2022 (tahun 2019 - 2021 dihentikan akibat pandemi Covid-19).

Penghargaan tersebut, merupakan buah dari konsistensi dalam menjaga lingkungan, kebersihan hingga penampungan dan pengelolaan sampah. 

Pada kesempatan itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Prof. Dr. Siti Nurbaya berharap seluruh Kabupaten/Kota yang telah menerima penghargaan bisa terus mengedepankan azas kesadaran serta kepedulian terhadap kelangsungan hidup dan makhluk hidup. 

Penghargaan Anugerah Adipura yang diterima langsung oleh Bupati Bintan, Roby Kurniawan sebagai penambah spirit menjaga lingkungan dan mengelola sampah.

"Apresiasi untuk semua khususnya para pahlawan kebersihan dan lingkungan. Adipura ini bukan puncak dari upaya kita menjaga lingkungan, ini bonus bagi kita. Namun semangat menjaga lingkungan itu berkelanjutan sampai ke generasi akan datang," katanya usai menerima Penghargaan, di Gedung Manggala Wanabakti, (28/2).

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Bintan sendiri atas arahan Bupati Bintan telah menaikkan insentif bagi Satgas Kebersihan sebesar Rp150.000,-/bulan bagi 335 petugas. Isentif tersebut sebagai salah satu wujud rasa terima kasih dan apresiasi, sebab jasa dan keringat para petugas yang berjibaku setiap hari tidak dapat diukur dengan indikator rupiah.

Anugerah Adipura disejalankan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Sebanyak 258 Kabupaten/Kota pada tahun 2022 lalu dilakukan penilaian berdasarkan tahapan indikator. Hasilnya ditetapkan 5 Kabupaten/Kota meraih Adipura Kencana, 80 Kabupaten/Kota ditetapkan sebagai peraih Adipura, 61 Kabupaten/Kota menerima Sertifikat Adipura sebagai apresiasi atas upaya menuju adipura, serta 4 Kabupaten/Kota menerima Plakat Adipura sebagai penghargaan atas upayanya menciptakan kebersihan lingkungan. 



Pemkab Lingga
Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama