Roadshow Batam Batik Fashion Week 2022 ke Lingga, Marlin : Perkuat Kolaborasi untuk Kesejahteraan Masyarakat


Roadshow Batam Batik Fashion Week 2022 ke Lingga, Marlin : Perkuat Kolaborasi untuk Kesejahteraan Masyarakat

Marlin dan Dekranasda di Lingga-
LINGGA I KEJORANEWS.COM : Wakil Gubernur Hj Marlin Agustina Rudi menyampaikan bahwa kolaborasi dan kerja sama akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Terlebih kolaborasi itu bagi kepentingan masyarakat dan untuk kemajuan daerah. Seperti dalam pengembangan potensi kerajinan daerah yang memang melibatkan banyak masyarakat.


"Kolaborasi itu harus memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Wagub Marlin di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Selasa (1/11) malam.


Di Dabo, Ketua Dekranasda Kota Batam ini memperkuat kolaborasi dengan Kabupaten Lingga untuk pengembangan batik dan lainnya. Kolaborasi itu dikemas dalam Roadshow Batam Batik Fashion Week 2022. Selain roadshow tersebut, selama dua hari di Dabo, Marlin sudah dipenuhi berbagai agenda. Seperti ke  sekolah-sekolah, pelatihan tata rias dan sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.


Wagub Marlin menyampaikan bahwa kolaborasi seperti hari ini merupakan simbiosis mutualisme bagi Kota Batam dan Kabupaten Lingga untuk dapat bersama-sama mempromosikan kerajinan daerah, khususnya batik. Sehingga dikenal luas dan diminati berbagai kalangan baik di Kepri, seluruh nusantara dan manca negara.


Ketua TP PKK Kota Batam ini juga menyampaikam bahwa kegiatan ini juga akan menjadi wadah pengembangan dan penguatan pasar bagi pelaku ekonomi kreatif di Batam dan Lingga. Pemberdayaan ekonomi kreatif melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong ekonomi masyarakat, baik bagi Batam maupun Lingga.


Wagub Marlin pun menceritakan perjalanan panjang batik Batam yang kini sudah semakin diminati banyak kalangan. Hingga ke manca negara, seperti Australia, Malasyia dan Singapura dan kini mulai masuk ke China.


Kreasi-kreasi yang dilakukan para pengrajin membuat batik batam juga diminati berbagai kalangan. Tak hanya orang tua, tapi ke kaum milenial hingga kreasi untuk anak-anak.


"Kami mendukung dan mendorong kreativitas itu. Apalagi ternyata memperluas pasar dan meningkatkan pendapatan," kata Ketua GOW Kota Batam ini.


Wagub Marlin berterima kasih dengan sambutan luar biasa masyarakat Lingga untuk roadshow ini. Kolaborasi yang dibangun juga ikut memperkuat silaturahmi dengan seluruh komponen masyarakat.


Tampak hadir pada malam itu, Kapolres Lingga AKBP. Fadli Agus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lingga Ibu Syahrul Bariah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Lingga Azli, Ketua Piswan DPRD Lingga Marlina,  Palaksa Danlanal Dabo Singkep Mayor Mar Saul Jamlaay, Kasi Intel Kejari Lingga Adhe Candra, Danpuslatpur Letkol Marinir Adid Wicaksono.


Dalam kunjungan ke Lingga kali ini Wagub Marlin hanya didampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kepri Ani Lindawati dan Kadis Pemberdayaan Perempuan Kota Batam Novi Harmadyastuti.


Kominfo Batam

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama