Perhutani BKPH Salem Bangun Pos Pantau Hasil Hutan Terpadu


Perhutani BKPH Salem Bangun Pos Pantau Hasil Hutan Terpadu



BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Perhutani BKPH Salem (Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Salem), Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mulai dirikan pos pantau hutan di petak 3K wilayah Desa Winduasri. Jumat (18/11/2022).


Hadir dalam peletakan batu pertama antara lain Bati Tuud Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes Pelda Rahmat Wahyudin, Kapolsek Salem AKP Edi Mardiyanto, pihak perhutani, dan juga perwakilan penyadap getah pinus dari warga sekitar.


Disampaikan Danramil Salem melalui Pelda Rahmat Wahyudin, bahwa pendirian pos keamanan itu untuk pemantauan hasil hutan dan untuk membatasi illegal logging kayu pinus.


“Pos ini dibangun agar masyarakat setempat dan sekitarnya tidak melakukan aktivitas yang melanggar hukum,” terangnya.

Sementara disampaikan Sail selaku Asper Perhutani BKPH Salem, bahwa pendirian pos tersebut juga untuk pengamanan peredaran tumbuhan dan satwa liar.


Disampaikannya juga, pelaksanaan pengamanan hutan di wilayah kerjanya itu akan terus dilakukan secara terpadu dengan melibatkan segenap unsur termasuk TNI-Polri, berdasarkan tingkat kualitas gangguan yang terjadi di kawasan hutan.

Kemudian pihaknya juga memberikan stimulus kepada warga penyadap getah pinus di sekitar hutan perhutani, yakni bonus sebesar Rp. 500 rupiah/kg di bulan November 2022 ini bagi penyadap getah pinus yang hasilnya melebihi target harian.


(Aan/Salam)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama