PPDB di Natuna, Sejumlah Sekolah Batasi Jumlah Murid yang Mendaftar


PPDB di Natuna, Sejumlah Sekolah Batasi Jumlah Murid yang Mendaftar

MTSN 2 Natuna-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Tahun ajaran baru sudah di depan mata, setiap sekolah telah selesai melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bahkan telah memasuki tahap daftar ulang. Sejumlah sekolah di wilayah Kecamatan Bunguran Timur, terpaksa melakukan pembatasan jumlah siswa yang diterima, sesuai dengan ketersediaan ruang belajar.


Seperti yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Bunguran Timur. SMP tertua di Bunguran Timur ini membatas jumlah calon siswa baru hanya 256 orang siswa. Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP tersebut dibuka hanya 3 hari, yakni tanggal 27 hingga 29 Juni 2022, dan pendaftaran ulang juga dilakukan selama 3 hari, mulai tanggal 30 Juni sampai tanggal 2 Juli 2022.


Kepala Sekolah SMPN 1 Bunguran Timur, Zurna mengatakan, pada PPDB kali ini pihaknya hanya menerima 256 orang calon siswa baru, pembatasan penerimaan siswa tersebut dilakukan sesuai dengan ketersediaan ruang belajar bagi siswa kelas 1 sebanyak 8 kelas dan setiap kelas hanya diisi 32 orang siswa. 


Selain itu, pada penerimaan siswa baru tahun ini pihak SMPN 1 Bunguran Timur menetapkan aturan dengan sistem zonasi, dan berdasarkan kartu keluarga, sehingga calon siswa yang diterima dibatasi.


"Sebenarnya zonasi SMP 1 mencakup 3 Kelurahan, namun mengingat selain SMP 1, diwilayah Kelurahan Ranai ada SMP 2, maka untuk wilayah Batu Kapal, tidk kami terima karena lebih dekat dengan SMPN 2 Bunguran Timur. Selain itu untuk siswa yang tidak berprestasi atau rangkin juga jadi pertimbangan, selain melihat dari kartu keluarga, untuk memastikan wilayah tempat tinggal calon siswa. Bagi Siswa yang pindahan, tinggal diwilayah terdekat dengan SMP 1 kami terima," jelas Zurna.


Sementara itu untuk penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Negeri Natuna, telah dibuka sejak tanggal 30 Mei 2022 sampai tanggal 30 Juni 2022. Jumlah calon siswa yang mendaftar disekolah tersebut 140 orang, namun hanya 128 orang yang diterima. Panitia PPDB MTs N Natuna, Hailani mengatakan, kuota siswa yang diterima berdasarkan jumlah ruang belajar yang tersedia yakni hanya 4 rumbel.


Sekolah ini memberlakukan sistem seleksi dalam penerimaan siswa baru, yakni dengan melakukan seleksi baca Alqur'an. Seleksi dilakukan langsung saat calon siswa mendaftar.


"Kami lakukan seleksi karena memang dibatasi jumlah siswa yang diterima sesuai dengan aturan dari Kementrian Agama, yakni hanya 4 kelas saja. sebenarnya banyak calon siswa yang berminat mendaftar, tapi karena aturan kami tidak bisa berbuat banyak," kata Hailani.


Sementara itu PPDB di SMANegeri 1 Bunguran Timur dilakukan secara online. Namun meskipun demikian, panitia tetap menerima siswa yang mendaftar langsung ke sekolah. Adapun penerimaan siswa di sekolah tersebut dibuka sejak tanggal 28 Juni hingga 2 Juli 2022.


Hingga Sabtu   (1 Juli 2022) tercatat jumlah siswa yang mendaftar sebanyak  263 orang. Sementara pihak sekolah tahun ini menyiapkan 8 rumbel bagi siswa baru, dengan target  288 orang siswa yang akan diterima. Namun melihat jumlah siswa yang mendaftar, target tersebut kemungkinan tidak akan tercapai.


Akan tetapi kepala Sekolah SMAN 1 Bunguran Timur, Prihatno Budi Riyanto menambahkan, bahwa pihaknya tidak akan menambah waktu pendaftaran meskipun target kuota calon siswa baru tidak tercapai.


"Pendaftaran secara online kita buka sampai hari minggu (2 Juli 2022) pukul 24.00 WIB. Kalau memang tidak tercapai target, ya tetap kita tutup, tidak ada penambahan waktu pendaftaran. karena besok kita sudah lakukan pendaftaran ulang," ujar Budi.


Tahun ajaran baru akan dimulai pada tanggal 11 Juli mendatang. Pada 3 hari pertama PPDB, setiap sekolah langsung melakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru. Setelahnya baru akan dilaksanakan kegiatan belajar efektif untuk seluruh kelas. 


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama