Porkab Brebes 2022 Resmi Dibuka oleh Bupati


Porkab Brebes 2022 Resmi Dibuka oleh Bupati


BREBES  I  KEJORANEES.COM : Bupati Brebes, Idza Priyanti, secara resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Brebes, Jawa Tengah, yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional (KONI) setempat, di Gedung Olahraga (GOR) Sasana Krida Adhikarsa Brebes, Senin (11/7/2022).


Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Idza Priyanti, di dampingi Wakil Bupati Narjo. Kegiatan dihadiri juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Brebes Zubad Fahilatah, Ketua KONI Brebes Ahmad Zaeni, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Caridah, beserta jajaran Dinpora serta 17 Camat di Kabupaten Brebes. 


Hadir pula mantan Ketua KONI Brebes, Bambang Edi Prabowo, dan para peserta kontingen dari 17 Kecamatan serta tamu undangan lainnya pada ajang Porkab dengan tema " Bangkit Bersama Meraih Prestasi Maksimal, Untukku, Untuk Kita dan Untuk Brebes Tercinta" ini.


Bupati Brebes, Idza Priyanti mengatakan, ajang Porkab tahun 2022 ini merupakan wadah untuk menjaring talenta dan atlet berprestasi di wilayahnya. Dari hasil Porkab, para atlet berprestasi bisa menjadi wakil Brebes untuk ajang yang lebih tinggi di tingkat Jateng dan nasional. 

"Porkab Brebes ini, akan menjadi pendorong atlet di Brebes agar bisa berprestasi dan berlaga di ajang yang tingkatnya lebih tinggi," ujar Idza. 


Pada pembukaan ini, Bupati Brebes Idza Priyanti, juga melepas atlet yang akan dikirim ke ajang Popda Jateng. Diharapkan, mereka juga bisa mampu mengukir prestasi. 

"Ini bisa menjadi motivasi, agar atlet muda di Brebes berprestasi. Apalagi, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," pungkasnya.


Pembukaan Porkab Brebes ini, diawali dengan penyambutan kedatangan Bupati Idza Priyanti untuk memimpin upacara. Usai mengumandangkan Lagu Indonesia Raya dan  Mars Patriot Olahraga, dilanjutkan pengibaran bendera.


Kemudian, pembacaan janji atlet dan wasit serta penyerahan id card secara simbolis oleh Bupoti Idza Priyanti kepada peserta kontingen. Acara dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Porkab Brebes, Untung Andreas.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Porkab Brebes, Untung Andreas mengatakan, bahwa Porkab adalah kegiatan multi even yang diselenggarakan dalam ruang lingkup kabupaten seagai ajang yang tepat. Yakni guna mempersiapkan dalam keikutsertaan pada kegiatan yang lebih besar lagi, yaitu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).


"Untuk kegiatan multi event Porkab ini, sekian lamanya vakum, tepatnya pada tahun 2008 lalu. Namun, kini Koni Brebes pada tahun 2022, akhirnya kembali menggelar Porkab. Tujuannya adalah untuk menjaring atlet-atlet berprestasi yang akan dipersiapkan mewakili Kabupaten Brebes pada Pra Porprov Jateng 2022," terang Andreas Untung.


Menurutnya, Porkab Brebes dilaksanakan pada awal Juli dengan rentang waktu selama 3 minggu, dari mulai 2-25 Juli 2022. Lamanya waktu pelaksanaan Porkab, mengingat keterbatasan venus/tempat lomba yang ada.


Sebagaimana diketahui, pada gelaran Porkab Brebes tahun 2022 ini, sebelumnya mempertandingkan 13 cabang olahraga (cabor). Namun, terdapat tambahan satu cabor ekshibisi, sehingga total 14 cabor yang dipertandingkan.


14 cabor tersebut, diantaranya Senam, Gulat, Pencak Silat, Catur, Sepak Bola dan Bola Voli. Kemudian, Renang, Petanque, Panahan, Tenis Meja, Atletik, Panjat Tebing dan Karate serta satu cabor ekshibisi, yaitu Tenis Lapangan.


"Adapun jumlah peserta yang mengikuti ajang Porkab Brebes tahun 2022 ini, sebanyak 1.533 atlet yang terdiri dari 846 atlet putra dan 687 atlet putri. Dari jumlah itu, terdapat 97 nomor pertandingan untuk putra dan 42 untuk putri. Mereka akan memperebutkan 366 medali yang terdiri dari 111 medali emas, 111 perak dan 144 medali perunggu," jelasnya.


Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Brebes, Ahmad Zaeni memberikan apresiasi yang tinggi kepada para kontingen yang sangat antusias meramaikan kegiatan Porkab Brebes tahun 2022 ini. 


Hal itu mengingat, ajang Porkab yang sebenarnya menjadi agenda rutin KONI dua tahunan, setelah sekian lamanya terhenti, kali ini kembali dibangkitkan. 


"Terimakasih kepada Ibu Bupati Brebes Idza Priyanti dan Pak Wakil Bupati Narjo beserta jajaran Muspida di lingkungan Pemkab Brebes, dan pantia serta tamu undangan, termasuk Dinpora Brebes yang telah ikut mensuport, sehingga kegiatan multi even Porkab Brebes ini, bisa terselenggara dengan baik dan sukses," tendasnya.


Usai sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Bupati Brebes Idza Priyanti, acara diakhiri dengan tampilan kreatif dan pertunjukan seni olahraga beladiri atlet-atlet wushu dan binaraga yang berada dibawah naungan Koni Brebes.


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama