Mulai Juli 2022 Pemerintah Mewajibkan Pengguna Pertalite dan Solar Subsidi Menggunakan Aplikasi " Mypertamina"


Mulai Juli 2022 Pemerintah Mewajibkan Pengguna Pertalite dan Solar Subsidi Menggunakan Aplikasi " Mypertamina"

Aplikasi Mypertamina-
NATUNA | KEJORANEWS.COM : Mulai tanggal 1 Juli 2022, Pemerintah  mewajibkan pengguna bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar subsidi menggunakan aplikasi MyPertamina . Aturan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk membeli Pertalite dan Solar bersubsidi ini rencananya akan diterapkan dalam beberapa tahap.


Tahap pertama dilakukan di 11 daerah pada lima provinsi, yakni Kota Bukit Tinggi, Kabupaten  Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, Kota Banjarmasin, Kota Bandung, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Manado, Kota Yogyakarta, dan Kota Sukabumi. Sementara itu untuk wilayah Kepulauan Riau hingga, kini masih belum masuk dalam tahap pertama.


Sales Brand Menejer Pertamina wilayah Kepulauan Riau, Reiza Pradipta Makruf, melalui sambungan telepon menjelaskan, penetapan daerah yang masuk dalam tahap pertama merupakan keputusan dari pemerintah pusat, dan saat ini masih dalam tahap uji coba.


"Kalau itu merupakan keputusan langsung dari pusat, dan hingga saat ini juga masih dalam tahap uji coba, sehingga di 5 provinsi tersebut proses pembelian juga masih seperti biasa, cuma memang sambil proses pendaftaran penggunaan aplikasi tersebut," jelas Reiza, Jum'at (01/07/2022).


Sementara itu menjawab mengenai kemungkinan nantinya nelayan juga diwajibkan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk mendapatkan BBM Solar bersubsidi, Reiza menjawab hingga saat ini masih sebatas penggunaan untuk kendaraan roda 4 keatas.


"Pada tahap awal berlaku untuk Solar bersubsidi dan Pertalite Roda 4." keterangan dalam postingan Instagram @mypertamina.


Pendaftaran di aplikasi My Pertamina mulai dibuka pada hari ini Jum'at, 1 Juli 2022.


Untuk kelancaran pendaftaran, diimbau agar pendaftar adalah konsumen yang berada di wilayah implementasi tahap pertama atau yang sering berpergian ke lokasi tahap pertama tersebut.


Dikutip dari laman subsiditepat.mypertamina.id, berikut ini cara untuk mendaftar di aplikasi My Pertamina.

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id atau klik di sini.

3. Centang informasi memahami persyaratan.

4. Klik daftar sekarang.

5. Ikuti instruksi dalam website tersebut.

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.

7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Untuk transaksi di SPBU, cukup tunjukkan QR Code yang kamu dapatkan dari subsiditepat.mypertamina.id kepada operator SPBU (baik dalam format digital/print). Lalu, isi Pertalite atau Solar subdisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan lakukan pembayaran menggunakan metode tunai atau non-tunai.


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama