Cegah Penyakit Mulut dan Kuku Pemkab Lampura Lakukan Vaksin ke Hewan Ternak


Cegah Penyakit Mulut dan Kuku Pemkab Lampura Lakukan Vaksin ke Hewan Ternak

Wakil Bupati, Ardian Saputra melihat proses vaksinasi-
LAMPUNG UTARA I KEJORANEWS.COM : Untuk memastikan kesehatan hewan jelang hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Lampura melakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Dusun Sukajadi, Desa Sukamaju, Kecamatan Abung Semuli. Kamis (30/6/2022). 


Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lampura, kata Ardian Saputra, SH, Asinten III Setdakab Lampura,perwakilan Dinas Peternakan, Camat Abung Semuli beserta Forkopimcam dan beberapa kelompok peternak


‎"Memang, penyakit ini bukanlah penyakit yang membahayakan bagi manusia, PMK dapat menimbulkan kematian pada ternak Sapi, oleh karenanya kami ingin memastikan bahwa hewan - hewan ternak di Lampung Utara terbebas dari PMK," Wakil Bupati Lampura, kata Ardian Saputra, SH.


Menurut Ardian, ‎langkah antisipasi merupakan hal yang wajib dilaksanakan karena sebentar lagi akan menghadapi hari raya Idul Adha, di mana hewan - hewan ternak seperti sapi,kerbau dan kambing menjadi salah satu hewan kurban yang paling diminati oleh warga untuk dijadikan hewan kurban. Dengan antisipasi menggunkan vaksinasi ini diharapkan hewan - hewan tidak tertular PMK. 


"‎Sejatinya vaksinasi yang dilakukan kali ini adalah yang ketiga, namun memang peluncurannya secara resmi dilakukan hari ini," jelas Wabup.


Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Sofyan menjelaskan, sejauh ini telah ada 3/4 kabupaten di Provinsi Lampung yang telah terpapar PMK. Namun, untungnya, Kab Lampura tidak termasuk ke dalamnya. Kendati demikian, berdasarkan informasi, sejumlah hewan ternak di beberapa desa telah menunjukkan beberapa gejalan - gejala terinfeksi.


" Inilah mengapa harus dilakukan vaksinasi pada hewan - hewan ternak.  ‎Adapun jumlah vaksin PMK yang telah diterima di Kab. Lampung Utara dari Pemprov Lampung berjumlah 3.500 dosis dan yang telah terdistribusikan sebanyak 600 dosis‎, belum termasuk pelaksanaan hari ini. " Ujar Sofyan.


Lanjut Sofyan, vaksinasi  ‎telah dilakukan di beberapa wilayah , diantaranya  Kec. Kotabumi,  Abung Surakarta, Kotabumi Selatan, dan Abung Semuli.


" Kami optimis 3.500 dosis vaksin yg diterima akan segera selesai divaksinkan sesuai target sampai dengan  5 Juli 2022, mengingat populasi ternak sapi Lampung Utara cukup banyak lebih dari 30.000 ekor. " tutupnya.


(Edian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama