Pertengahan Juni 2022, TNKB Warna Putih Siap Diterapkan


Pertengahan Juni 2022, TNKB Warna Putih Siap Diterapkan

Pertengahan Juni 2022, TNKB Warna Putih Siap Diterapkan
TNKB

NASIONAL I KEJORANEWS.COM: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, siap menerapkan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan dasar warna putih pada pertengahan Juni 2022.

Terkait hal itu, Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, Kombes. Pol. M Taslim Chairuddin menjelaskan bahwa material TNKB putih mulai didistribusikan ke jajaran Polda pada tahun ini.

Adapun peraturan perubahan warna baru pelat nomor kendaraan tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 45.

"Material TNKB sudah selesai saat ini. Masih dalam proses produksi diperkirakan material sudah bisa kita distribusikan ke jajaran di awal Juni, dan dengan perkiraan nanti di pertengahan Juni penggunaan material TNKB warna dasar putih tulisan hitam itu sudah mulai bisa digunakan," jelasnya, (3/6/22.

Lanjutnya, pada awal pelaksanaan tidak semua kendaraan dapat memperoleh pelat baru itu. Yang diutamakan adalah kendaraan baru dan yang habis masa berlaku lima tahunan.

Sebagai informasi, perbedaan masa berlaku TNKB pada setiap pemilik kendaraan menjadi penyebab tidak bisa langsung semua kendaraan mendapatkan pelat nomor baru.

"Penerapan TNKB berwarna dasar putih ini juga bertujuan untuk memudahkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik yang saat ini telah diberlakukan," tutup Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri.

Editor:
Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama