Lanal Tarempa Siapkan Putra- putri Terbaik Anambas untuk Menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut


Lanal Tarempa Siapkan Putra- putri Terbaik Anambas untuk Menjadi Prajurit TNI Angkatan Laut

Prajurit Lanal Tarempa dan Para Calon TNI AL-
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa melalui Komandan Posal dan Bintara pembina potensi maritim (Babinpotmar) terus berupaya mencari dan merekrut putra -putri terbaik kabupaten kepulauan Anambas untuk menjadi Prajurit TNI AL.

 

Para Danposal dan Babinpotmar dikerahkan ke sekolah-sekolah, tempat ibadah, perkumpulan remaja bahkan sampai mendatangi ke rumah- rumah di wilayah kerjanya untuk mengimbau dan mengajak mereka untuk menjadi prajutit TNI AL, serta mensosialisasikan  tata cara atau prosedur menjadi TNI AL

 

Setelah didapatkan para pemuda, baik pria maupun wanita yang dianggap memenuhi syarat dan berminat, diberikan pembekalan, namun sebelumnya terlebih dahulu diperiksa kelayakan fisik dan kesehataanya secara umum di Balai Pengobatan Lanal Tarempa, meliputi tinggi dan berat badan, kesehatan mata, gigi, penyakit kulit serta keadaan fisik secara umum.

 

“ Kegiatan ini sengaja kami lakukan atas perintah pimpinan, yang memberikan tanggungjawab kepada saya selaku komandan agar mencari putra-putri terbaik di wilayah saya di Kabupaten Kepulauan Anambas ( KKA), hal tersebut juga selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman," ujar Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S. E., M. Tr. Opsla.

 

"Saya juga sudah perintahkan kepada seluruh Danposal beserta jajarannya terutama Babinpotmar untuk mensosialisasikan terkait tatacara atau prosedur menjadi prajurit TNI AL. Untuk selanjutnya mendata animo pemuda -pemudi yang berminat, kemudian disiapkan dengan cara memberikan pembekalan secara fisik dan mental kepada mereka, sehingga dari sekian perwakilan yang dikirim dapat mengikuti tes atau seleksi di tingkat pusat. Kita harapkan mereka siap dan mampu bersaing dengan daerah lain sehingga akan lolos seleksi lalu mengikuti pendidikan yang  akhirnya mereka dapat menjadi prajurit TNI AL yang berkualitas dan dapat membanggakan keluarga, pemerintah kabupaten terlebih lagi kami Lanal Tarempa, “ tambah Danlanal.

 

Selain itu, Komandan Lanal juga menyampaikan bahwa dalam proses Rekrutmen, tidak dipungut biaya.

 

 " Para orangtua atau yang bersangkutan sendiri, jangan khawatir masalah biaya, TNI AL dalam melaksanakan pengadaan personel, mulai dari saat proses seleksi sampai dengan pendidikan, tidak akan dipungut biaya, semua sudah ditanggung Negara, “ tegasnya.

 

"Saya berharap dari sekian banyak Putra-putri di Anambas, akan selalu ada yang bisa lolos tes menjadi Prajurit TNI AL di setiap angkatan atau periode, baik strata Tamtama, Bintara bahkan Perwira. Jika ada yang berminat, silahkan datang ke Instansi TNI AL terdekat baik di Posal atau langsung ke Markas Komando Lanal Tarempa". Tutup Danlanal.(Kamis/16/06/2022).

 

Sampai dengan saat ini, dalam pelaksanaan rekrutmen yang sudah dimulai beberapa waktu lalu, jumlah keseluruhan sementara sebanyak 26 orang, 17 orang dari kecamatan Palmatak  dan 9  orang yang terdiri dari  7 orang Pria dan 2 orang wanita,  berasal dari desa Munjan dan desa Nyamuk yang merupakan wilayah kerja Posal Memperuk.

 

9 orang tersebut berangkat dari Posal Memperuk menuju Mako Lanal Tarempa untuk melaksanakan pengecekan fisik dan kesehatan secara awal, menggunakan sarana Ferry milik Desa, didampingi oleh Komandan Posal dan Babinpotmar.

 

Besar kemungkinan bahwa jumlah calon peserta akan terus bertambah dari desa dan kecamatan lain di wilayah kabupaten kepulauan Anambas.

 


( Yuni S/ PenLanalTarempa)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama