Pimpin Rakor Lintas Sektoral, Kapolda Lampung Sampaikan Strategi Atasi Kemacetan Saat Arus Balik Lebaran 2022


Pimpin Rakor Lintas Sektoral, Kapolda Lampung Sampaikan Strategi Atasi Kemacetan Saat Arus Balik Lebaran 2022

Irjen Pol Hendro Sugiatno ketika pimpin Rakor lintas sektoral.
LAMPUNGSELATAN I KEJORANEWS.COM: Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno pimpin rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam menghadapi lonjakan pemudik yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni pada arus balik Lebaran 2022.


Hendro  membeberkan, strategi-strategi yang akan diterapkan pada arus balik itu telah dimatangkan dan disepakati oleh para stakeholder terkait.


Strategi tersebut diantaranya jika terjadi kemacetan panjang kendaraan roda empat mulai dari pintu masuk Pelabuhan Bakauheni hingga jarak beberapa kilometer, maka akan dilakukan sistem buka-tutup Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).


Kemudian para pemudik yang masih berada di jalan tol akan diarahkan masuk ke dalam parkir yang berada di Rest Area JTTS.


"Apabila sudah melebihi hampir 1 KM sampai 4 KM, itu semua kendaraan akan kita masukkan ke rest area. Disitu ada fasilitas yang bisa dimanfaatkan pemudik, disitu ada tempat ibadah, tempat makan, MCK dan sebagainya," kata Hendro, saat memberikan keterangan di Pelabuhan Bakauheni, Selasa (03/05/2022) siang.


Dari arah jalur arteri, Hendro menjelaskan, kendaraan sepeda motor yang akan memasuki pelabuhan akan diarahkan melalui jalur khusus dan tiketing atau tolgate khusus.


"Nanti sepeda motor masuk ke Pelabuhan Bakauheni ada jalur tersendiri melalui arteri, nanti disitu ada tolgatenya. Nanti kita siapkan juga tenda-tenda," jelasnya.


Apabila terjadi lonjakan, kata dia, maka para pemudik yang menggunakan sepeda motor akan dimasukkan kedalam 1 kapal khusus di dermaga 5 pelabuhan Bakauheni.


"Jadi sepeda motor kita prioritaskan ada jalur tersendiri. Buat roda empat atau yang lain kita pakai pintu biasa, kita akan menyebarkan pada semua dermaga. Ada 6 dermaga reguler dan 1 dermaga eksekutif," tuturnya.


Dia menambahkan, pihak ASDP pun telah menyiapkan penjualan tiket diluar areal pelabuhan untuk dapat mengurangi kemacetan.


Penjualan tiket akan berada di JTTS KM 87, KM 49 dan KM 20. Sementara di jalam arteri, penjualan tiket akan berada di RM Alam Mutiara, RM Siang Malam, dan lintas timur RM Tiga Saudara.


"Nanti ada helper yang akan membantu bagaimana membeli tiket. Harapan kami bisa mulai dari awal perjalanan sudah ada tiket," harapnya.


Selanjutnya apabila terjadi penumpukan penumpang yang akan menggunakan dermaga Eksekutif sementara dermaga reguler sepi, maka penumpang akan dialihkan ke dermaga reguler.


"Kita arahkan ke reguler, nanti tiket eksekutif ada refund dari ASDP. Pada dasarnya semua waktu itu sama untuk mencapai ke Merak, tidak ada perbedaan," terangnya.


Dia pun penyampaikan, Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) juga telah disiapkan apabila terjadi lonjakan yang sangat tinggi pada arus balik Lebaran 2022 ini.


"Jadi dari Rest Area KM 87 kita kumpulkan disitu, nanti akan dikawal keluar dari tol Lematang sampai ke pelabuhan Panjang punya Pelindo. Kapal akan membawa ke Merak ke pelabuhan Ciwandan," jelasnya.


"Di BBJ ada 4 kapal yang disiapkan. Nanti kalau padat bisa kita alihkan juga ke pelabuhan BBJ untuk bisa diangkut ke Merak," tandasnya.


Sumber: Kabidhumas Polda Lampung.


Lebih baru Lebih lama