Peduli Pemudik Lebaran, Kwarcab Brebes Terjunkan 425 Personil Pramuka


Peduli Pemudik Lebaran, Kwarcab Brebes Terjunkan 425 Personil Pramuka


BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Kwartir Cabang 11.29 Gerakan Pramuka Kabupaten Brebes (Kwarcab Brebes) menerjunkan 425 personil untuk membantu pengamanan, kenyamanan dan kesehatan pemudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah. Mereka diterjunkan di berbagai tempat untuk berkolaborasi dengan unsur relawan pengamanan lainnya.


“Untuk membantu pemudik, kami menerjukan 425 personil,” ungkap Ketua Kwarcab Brebes Emastoni Ezam, usai memimpin apel kesiapan Karya Bakti Pramuka 2022, di Sanggar Pramuka setempat, Senin (25/42022). 


Diterjunkannya Pramuka dalam lebaran, sebagai wujud empati Pramuka untuk membantu para pemudik agar bisa menikmati hari raya bersama keluarganya di kampung halaman masing-masing. Mereka bakal bertugas sejak H-7 hingga H + 4 lebaran. 


Para personil, lanjutnya, ditempatkan di 4 posisi strategis yakni Brebes Exit Timur (Breksit), kawasan Alun-alun Brebes (AAB), Brebes Eksit Barat (Brekat) dan pertigaan Exit Pejagan-Brebes. Selain di empat titik strategis tersebut, Pramuka juga hadir di setiap pasar tradisional, pariwisata, pusat keramaian dan persimpangan jalan yang rawan kecelakaan.  


Kak Ton, demikian panggilan akrabnya, menjelaskan kalau seluruh personil sudah dibekali dengan keterampilan melakukan pengamanan dan merupakan anggota muda dari unsur Penegak dan Pandega. 


Secara berkala, anggota pramuka melakukan reportase guna mengabarkan kondisi terkini arus mudik maupun situasi lainnya. Informasi tersebut, disebarkan ke media sosial yang terintegrasi secara nasional, digawangi Kwartir Daerah Jateng dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.


Emastoni mencermati, peran Pramuka sudah lama berkecimpung dalam Karya Bakti Pramuka Lebaran maupun hari-hari besar lainnya.  Pada prinsipnya, Pramuka selalu peduli dengan sesama tanpa memandang suku, ras, agama maupun antar golongan. Sebab, setitik bakti lebih berarti dari seribu janji.


Selain pengamanan, Kwarcab juga menggelar Donor Darah berkolaborasi dengan PMI Cabang Brebes di Sanggar Pramuka. 

Donor darah yang digelar Selasa (26/4) malam hari, agar mendapatkan penambahan jumlah stok darah yang menipis di PMI Cabang Brebes. Aksi Pramuka Peduli Donor Darah ini diikuti anggota pramuka dan masyarakat. Terkumpul 17 kantong darah yang terdiri dari 3 kantong golongan darah A - 3 kantong, B - 6 kantong, O - 6 kantong, AB - 2 kantong dan yang dinyatakan gagal ada 3 orang. 


Dalam pantauannya, Kak Emastoni mengapresiasi kepada para pendonor yang tetap semangat dan berharap anggota pramuka dapat secara rutin melaksanakan donor darah. 


Ketua Satgas Pramuka Peduli Kustoro Why menambahkan, donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia, terlebih saat Ramadhan dimana umumnya stok darah kemudian menipis karena jumlah pendonor menurun. 


"Donor darah merupakan bagian dari bentuk pelaksanaan Dasa Darma Pramuka, yaitu rela menolong dan tabah," pungkasnya.


(Salam)


Lebih baru Lebih lama