Logo Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes Dilaunching


Logo Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes Dilaunching

Launching Logo Hari Jadi Kabupaten Brebes ke 344 -

BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Logo peringatan Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes diluncurkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes H Djoko Gunawan MT. Luncuran ditandai dengan penyerahan Logo dari Panitia Sayembara kepada Sekda yang selanjutnya diserahkan kepada Panitia Hari Jadi Apriyanto Sudarmoko. Dengan diluncurkannya logo Hari Jadi, menandai dilaksanakannya rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Brebes.


“Dengan luncuran ini, logo secara resmi bisa dimanfaatkan dan disebarluaskan ke khalayak Kabupaten Brebes untuk keperluan peringatan Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes,” kata Sekda saat memimpin rapat pembentukan Panitia Hari Jadi dan Rapat kerja pertama, di ruang rapat Bupati, Senin (27/12/2021).  


Sekda berharap, peringatan Hari Jadi Brebes dilaksanakan dengan sederhana namun tidak mengurangi makna. Karena saat ini Brebes masih berstatus PPKM Level 2 sehingga tidak bisa digelar kegiatan yang bersifat mendatangkan massa banyak. 


Kalaupun digelar perlombaan, bersifat daring dan tidak menimbulkan kerumunan. Kirab Budaya yang biasanya digelar sebagai hiburan masyarakat yang semarak, untuk tahun ini ditiadakan.


Peringatan Hari Jadi ke-344 mengusung tema Brebes Tangguh dan Gemilang. Dikandung maksud, Kabupaten Brebes hingga kini tangguh dalam menghadapi bencana Covid-19 dan mencapai kemenangan yang gemilang. 


“Tidak ada Kirab Budaya, paling Sidang Istimewa Dewan dengan peserta terbatas, Ziarah ke Makam Bupati, dan Anjangsana ke Bupati terdahulu,” ungkap Djoko. 


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Brebes Rofiq Qoidul Adzam melalui Kabid Kebudayaan Wijanarto menjelaskan, logo Hari Jadi merupakan hasil sayembara. Dalam sayembara logo tersebut, diikuti 136 peserta dengan penilaian melalui tiga tahapan, yakni tahap 30 besar, 10 besar dan tahap presentasi logo.


Setelah dilakukan penjurian yang ketat oleh Sabariman Rubianto (Seniman Lukis), Surahman (Desain Grafis) dan Ali Sofyan (Ahli IT) akhirnya juara 1 design logo karya Nur Syamsi Ashari dari Klampok Wanasari, juara 2 Endah Ana Khumaeroh dari Dukuhlo Bulakamba, dan juara 3 Aziz Maulana dari Wanoja Salem sebagai juara 3. 


Adapun nilai filosofis dari Logo Hari Jadi ke-344 Kabupaten Brebes adalah sebagai berikut: 


HIJAU PADA ANGKA 3


Melambangkan Bebek Kabupaten Brebes yang sudah terkenal se-antero negeri sebagai sentra oleh-oleh telur asin yang lezat dan nikmat.


GARIS MERAH MELENGKUNG PADA ANGKA 3


Garis merah melengkung melambangkan tangan yang sedang memegang kuat bawang merah sebagai simbol Kabupaten Brebes. Dengan harapan agar petani Bawang di Kabuptaen Brebes semakin sejahtera.


LENGKUNGAN KUNING DAN BIRU PADA ANGKA 4


Lengkungan Kuning dan Biru melambangkan kebijakan-kebijakan gemilang yang pro rakyat demi terciptanya Brebes yang sejahtera.



-WARNA HIJAU melambangkan kekayaan Kabupaten Brebes baik sektor pertanian maupun peternakan.


-WARNA MERAH melambangkan Ketangguhan Kabupaten Brebes untuk bebas dari pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.


-WARNA KUNING melambangkan ide-ide gemilang yang terus dicanangkan Pemerintah Kabupaten Brebes dalam upaya membangkitkan ekonomi masyarakat.


-WARNA BIRU melambangkan kesuksesan Kabupaten Brebes dibuktikan dengan diraihnya beberapa penghargaan,


(Wsd/Salam)


Lebih baru Lebih lama