Berkunjung ke Desa Kote, Nizar Meminta Sungai Dinormalisasi


Berkunjung ke Desa Kote, Nizar Meminta Sungai Dinormalisasi

Bupati Lingga, M. Nizar ( masker putih)saat Tinjau Sungai-
LINGGA I KEJORANEWS.COM : Bupati Lingga Muhammad Nizar di dampingi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), meninjau lokasi yang sering terjadi banjir di sungai yang berada di desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir. Hasil dari peninjauan ini, Nizar meminta titik sungai tersebut, dapat segera di normalisasi, Jum'at (05/11/2021).

Nizar menjelaskan alasan segera meminta dinas teknis untuk menormalisasikan sungai itu, untuk menghindari terjadinya banjir ketika air laut pasang dimusim curah hujan tinggi. Karena memeng sedemikian rupa aliran sungai yang telah menyempit dan dangkal itu merupakan sumber penyebab  banjir yang kerap melanda Desa Kote.

"Untuk kepentingan bersama, agar banjir tidak lagi terjadi disini. Kita meminta dinas teknis untuk cepat menanggapi permasalahan, atau hasil dari peninjauan hari ini," kata Nizar.

Sementara Kepala PUPR, Novrizal yang diwakili Kabid  Sumber Daya Air (SD), Ardi yang turut mendampingi peninjauan Bupati Lingga ke lokasi, mengatakan dari hasil pantauan memang kondisi sungai utama di Desa Kote, Kecamatan Singkep Pesisir tersebut tersebut sudah mengalami pendangkalan.

Menanggapi hal tersebut, pihak PUPR siap menganggarkan kegiatan  normalisasi sungai Desa Kote dari APBD tahun 2022 mendatang.

"Untuk menghindari terjadinya banjir, kaki siapkan anggaran untuk tahun 2022, dilakukan pendalaman dan pelebaran sungai," kata dia.

Selain peninjauan untuk normalisasi sungai Desa Kote, kata dia Dinas PUPR juga telah melakukan rapat dengan pihak Kelurahan Sungai Lumpur dan Desa Berindat pagi tadi. Dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV berencana akan melakukan normalisasi sungai di Kelurahan Sungai Lumpur, Dabosingkep, dalam waktu dekat ini.

"Tadi juga kami telah melakukan rapat, dan kedua pihak baik kelurahan dan Desa Berindat mendukung rencana dari BWS Sumatera IV, dalam bulan ini," jelas Ardi.



( Kominfo Lingga/ Mardian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama