PON XX Papua, Ribuan Personel Keamanan Dikerahkan


PON XX Papua, Ribuan Personel Keamanan Dikerahkan

Pasukan Pengamanan

NASIONAL I KEJORANEWS.COM : Ribuan aparat keamanan akan disebar di empat daerah  penyelenggaraan pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di  Papua.

Terkait hal itu, Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri  mengatakan bahwa pengamanan melibatkan 1.686 personel pasukan Korps Brigade Mobil (Brimob) se-Nusantara, TNI  mengerahkan sekitar 2.800 personel danPolda Papua menerjunkan 5.500 personel.

"Total pasukan pengamanan yang berjaga mencapai 9.986 personel. Pola pengamanan yang kami lakukan adalah kami menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat terutama di venue-venue maupun akomodasi atlet," terangnya, (9/9).

Pihaknya bakal lebih ekstra mengamankan gelaran PON untuk mengantisipasi ancaman gangguan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Kita akan melakukan Pagar Betis, disamping itu, kami juga sudah minta penambahan kekuatan khususnya dari Satgas Nemangkawi," katanya.

"Terkait dengan isu Keamanan, secara menyeluruh di Papua ini dalam tiga bulan terakhir sudah sangat tenang, walaupun beberapa Minggu lalu ada kejadian di Yahukimo yang sedikit mengganggu Kamtibmas. Namun hal ini sekarang sudah kondusif," tutup Kapolda Papua.


Andi Pratama

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama