Bersyukur atas Hasil Panen Jagung, Masyarakat Dusun Soka Gelar " Batar Fohon "


Bersyukur atas Hasil Panen Jagung, Masyarakat Dusun Soka Gelar " Batar Fohon "

Para Kepala Adat-
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Masyarakat wilayah Dusun Soka, Desa Lakekun, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, menggelar acara Batar Fohon atas hasil panen jagung yang didapat. Kamis ( 6/5/21).

Acara tersebut merupakan ritual atau tradisi setiap tahun sebagai pengucapan syukur kepada sang Pencipta atas berkat hasil tanaman yang sudah dipanen.

Ketua Suku Uma Bei Bau, Siliveste Louk mengatakan, bahwa kegiatan tersebut  berlangsung selama 3 hari 3 malam dan diisi dengan acara tebe ( bergoyang menari) 
Siliveste

" Ini sudah ditradisikan oleh nenek moyang yang berasal dari semua rumah adat yang berada di wilayah dusun Soka, " ujar ketua adat Siliveste.

" Prosesinya adalah perarakan hasil ritual berupa jagung yang diikat dan dipikul oleh seluruh ketua  fukun dan ferik fukun. Setelah parah tetua adat selesai menjalankan ritual, mereka bersenang- dengan bergoyang yang disebut dengan bahasa daerah yaitu "Tebe". Terang Siliveste.

Perarakan hasil panen jagung diarak ke tiga rumah adat yaitu rumah adat Beibau ke Rumah Adat Makerek Badaen sebagai tempat persinggahan sementara dan dilanjutkan ke rumah adat Uma Dato.


Laporan Jolly

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama