Pemkab Natuna Gandeng BWI dan Baznas Berikan Bantuan Modal Usaha bagi UMKM


Pemkab Natuna Gandeng BWI dan Baznas Berikan Bantuan Modal Usaha bagi UMKM

Tasrif, asisten Ekbang Setda Natuna-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Peningkatan Usaha Kecil Menengah menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Natuna dalam sektor Ekonomi Kerakyatan.  Pemerintah memberikan perhatian khusus kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM), terutama dalam hal permodalan dan pemasaran.

Selama ini diketahui pelaku UMKM di Natuna kerap mengalami permasalahan dalam hal permodalan, dan tidak sedikit yang akhirnya terjerat pinjaman berbunga tinggi yang diberikan oleh rentenir dengan kedok koperasi atau Bank Keliling.

Asisten bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Natuna, Tasrif, di Ranai mengungkapkan keprihatinannya atas masalah permodalan yang dihadapi oleh pelaku UKM di Natuna terutama   di masa Pandemi Covid-19.

Guna mengantisipasi hal itu Pemkab saat ini telah berkoordinasi dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Natuna, untuk dapat memberikan bantuan modal kepada para pelaku UKM.

“Jadi kita sudah berkoordinasi dan sepertinya direspon positif oleh BWI, untuk dapat memberikan bantuan modal melalui wakaf uang yang terkumpul selama ini,” jelas Tasrif saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (12/3/2021).

Sementara itu, selain BWI, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Natuna juga cukup peduli dengan keberadaan pelaku Usaha Kecil Menegah Kabupaten Natuna. Pada tahun 2021 ini Baznas Natuna bahkan mengalokasikan 70 persen pendapatan dari zakat penghasilan disalurkan kepada pelaku UKM di 3 Kecamatan, yakni Serasan, Midai dan Subi.
Ketua Baznas Natuna, Said Ridwan mengatakan, pemberian bantuan diprioritaskan kepada pelaku usaha pembuat kue basah atau home industri lainnya dengan modal dibawah Rp.5 juta.

“ Kita akan lakukan verivikasi terlebih dahulu untuk para penerima, agar bantuan yang kita berikan tepat sasaran, sehingga bantuan modal yang tidak seberapa akan benar – benar bermanfaat,” kata Said Ridwan.

Dengan target Zakat Maal diatas Rp.1 miliar lebih pada tahun 2021, Said Ridwan optimis, dapat memberikan bantuan bagi pelaku usaha mikro di Natuna, yang saat ini tetap bertahan ditengah pandemi Covid-19.
Pengurus Baznas Natuna

Tikar Pandar Hasil Kerajinan Masyarakat Serasan



(PJP)
Lebih baru Lebih lama