Perkenalkan Produk UKM Natuna, Pemkab Giat Ikuti Pameran di Luar Daerah


Perkenalkan Produk UKM Natuna, Pemkab Giat Ikuti Pameran di Luar Daerah

Wabup Natuna, Ngesti Yuni Suprapti-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Upaya memperkenalkan produk hasil Usaha kecil Menengah  (UKM) Natuna ke luar daerah, telah dilakukan pemerintah Kabupaten Natuna sejak beberapa tahun lalu, salah satunya dengan giat mengikuti berbagai kegiatan pameran di luar daerah.

Salah satu kegiatan yang rutin diikuti dalam turut memperkenalkan produk industri rumah tangga atau home industri Natuna keluar adalah pameran atau bazar diajang Musabaqoh tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi Kepulauan Riau.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti beberapa waktu lalu di Ranai mengungkapkan , bahwa melalui pameran yang diikuti  Kabupaten Natuna tersebut terbukti bahwa sebenarnya produk Usaha Kecil Menengah di Natuna mendapat respon yang cukup baik di luar daerah.

“Hanya saja memang dalam beberapa hal kita masih kurang, seperti dalam hal pengemasan, meskipun kini sudah banyak produk industri rumah tangga yang berlabel, namun mungkin masih kurang menarik,” kata Ngesti di Ranai Kemarin.

Pemasaran produk UMKM di Natuna saat ini juga telah mengenal dunia digital di mana pemasaran dilakukan dengan sistem online, dengan memanfaatkan media sosial melalui smart phone.

Asisten bidang ekonomi pembangunan Natuna Tasrif, juga mengakui bila produk UMKM Natuna kini telah mampu menembus perdagangan sistem online.

Salah satu media sosial yang kini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha di Natuna dalam memasarkan produknya adalah facebook, di sana ada beberapa grub jual beli online dari Natuna yang dimanfaatkan pengguna GB untuk memasarkan produk mereka.

“ Bisnis online yang dilakukan masyarakat Natuna saat ini, sebagai bukti bahwa sebenarnya pelaku usaha kita mampu memasarkan produknya hingga keluar daerah,” kata Tasrif.

Namun dalam upaya memasarkan produk keluar daerah baik secara langsung maupun secara online, hal utama yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha didaerah ini adalah kesanggupan untuk memproduksi dalam jumlah banyak, guna memenuhi permintaan yang bida saja membludak.

“Sanggup atau tidak pengusaha Natuna untuk memenuhi permintaan pasar,” tandas Tasrif.
Asisten Ekbang Natuna, Tasrif

Pengrajin rotan Natuna, salah satu UMKM yang mendapatkan bantuan modal Usaha melalui KUBE (Kelompok Usaha Bersama)


(Pjp)
Lebih baru Lebih lama