Cek Sertifikat Tanah, Download Aplikasi Sentuh Tanahku


Cek Sertifikat Tanah, Download Aplikasi Sentuh Tanahku

Aplikasi-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Kementrian Agraria atau Badan pertanahan nasional telah memiliki aplikasi yang bernama Sentuh Tanahku. Aplikasi ini guna memudahkan masyarakat mengecek sertifikat tanah secara online. Dengan menggunakan aplikasi tersebut pengguna dapat  dengan cepat mengurus semua kepentingan terkait sertifikasi tanah. Aplikasi ini dapat didownload melalui smartphone baik di google play store maupun di appstore.

Aplikasi Sentuh Tanahku merupakan layanan pertanahan secara elektronik. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi tentang pertanahan  misalnya sebelum melakukan jual beli tanah masyarakat dapat memperoleh informasi tentang tanah tersebut dapat tersaji dalam peta,

Namun sayangnya menurut  Kasi Penetapan Hak dan pendaftaran Kantor pertanahan Natuna, Rangga Ikrar Gombang Alenka , aplikasi tersebut belum dimanfaatkan oleh masyarakat di Natuna.

"Ya mungkin masyarakat belum tau adanya aplikasi ini, atau juga belum memahami cara penggunaannya, " ujar Rangga di ranai , Jum'at (26/2/2021).

Padahal berbagai kemudahan di siapkan dalam aplikasi tersebut, termasuk persyaratan mengenai balik nama atau informasi  pelayanan pertanahan lainnya, baik mengenai persyaratan, waktu proses, maupun biayanya.

Karena dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat melakukan pengecekan, apakah tanah yang dimiliki sudah terpetakan atau belum. Dengan menggunakan aplikasi ini juga dapat membantu untuk menemukan lokasi tanah  dengan cepat dan memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan baik dalam proses penilaian penyitaan ataupun pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan lokasi tanah.

Rangga mengakui pihaknya perlu melakukan sosialisasi mengenai keberadaan aplikasi ini dan cara penggunaannya kepada masyarakat.

( Pjp)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama