Di PLBN Serasan, Imigrasi Natuna Siapkan Sejumlah Peralatan


Di PLBN Serasan, Imigrasi Natuna Siapkan Sejumlah Peralatan

Gelora Nusantara-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Menjelang beroperasinya pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Serasan, pihak kantor Imigrasi klas II TPI Ranai, telah menyiapkan beberapa hal terkait operasional tersebut, diantaranya buku pas lintas batas.

Selain itu kata kepala Kantor imigrasi Klas II TPI Ranai, Gelora Nusantara, pihaknya juga telah menyiapkan peralatan operasional yang akan digunakan di Pos lintas Batas Negara di Serasan nantinya.

"Kita telah menyiapkan alat untuk mobile unit untuk memberikan pemeriksaan perlintasan dan juga kita sudah stok buku pos lintas batas bagi warga Natuna yang akan melakukan perlintasan,' jelas Gelora, Jum'at (1/3/2021).

Gelora menegaskan, pihaknya tidak ikut campur dalam hal pembangunan pos lintas batas, namun peran Imigrasi sendiri nantinya adalah  memfasilitasi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan keluar negeri dalam hal ini Malaysia melalui PLBN.  

keberadaan Imigrasi sendiri tambah gelora adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan keluar negeri melalui PLBN, yakni agar masyarakat dapat melakukan perlintasan secara legal.

"Jadi masyarakat tidak perlu apriori dengan keberadaan Pos Lintas Batas, karena keberadaan PLBN sendiri adalah untuk kemudahan, kenyamanan dan keamanan masyarakat," tambahnya.

Kecamatan Serasan diketahui merupakan wilayah yang warganya  sejak dahulu kerap melakukan perjalanan dagang ke negara Malaysia Timur namun perjalanan mereka itu masih dilakukan secara illegal. Keberadaan PLBN ke depannya diharapkan dapat menjadikan perjalanan dagang masyaakat Natuna di serasan legal dan memiliki kekuatan hukum.

"Kita berharap saja semoga PLBN tersebut dapat secepatnya selesai dan segera beroperasi," tandas Gelora.

(Pjp)
Lebih baru Lebih lama