Alat Sederhana Jadi Senjata Babinsa Koramil 06/Ngaglik


Alat Sederhana Jadi Senjata Babinsa Koramil 06/Ngaglik

Serka Mulyoto
SLEMAN I KEJORANEWS.COM: Babinsa Koramil 06/Ngaglik Kodim 0732/Sleman Serka Mulyoto bersama warga turun sungai untuk bekerja bakti membersihkan sungai yang ada di dusun Turen Sardonoharjo Kapanewon Ngaglik, Kamis(7/1/2021) pagi.


Dengan alat sederhana mereka menyingkirkan platik dan sampah-sampah yang ada di pinggir atau dasar sungai tersebut.


Menurut Serka Mulyoto Babinsa desa Sardonoharjo kegiatan bersih sungai ini  merupakan kesadaran dan inisiatif warga akan pentingnya menjaga keasrian dan kebersihan sungai.


Selama ini, masih ada warga yang membuang sampah di sungai, seperti plastik rumah tangga, sampah popok bayi, botol kaca dan semacamnya. Sampah yang dibuang ini selain membuat sungai menjadi kotor, juga cukup membahayakan tidak hanya menjadikan banjir apa lagi di musim hujan seperti sekarang ini tapi juga bahaya terhadap kesehatan.


"Kalau sungai pas surut, maka akan terlihat jelas benda sampah di dasar sungai. Dengan kerja bakti membersihkan sungai, diharapkan warga semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan Sungai.


Disisi lain, kegiatan ini juga untuk kembali mengakrabkan warga melalui kegiatan kerjabakti yang lambat laun semakin jarang dilakukan. "Ya kegiatan ini juga untuk menjaga kerukunan warga dan menjalin tali silaturahmi agar warga semakin guyub rukun, ujar Babinsa.


Sedangkan Kepala Dusun Turen bapak Sutarno mengapresiasi kegiatan warga yang tergerak untuk membersihkan sungai.Ia juga berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali, namun ada kelanjutannya. Dengan menjaga kali atau sungai, menunjukkan kualitas hidup dan kesadaran masyarakat tentang kebersihan dan kesehatan yang semakin meningkat.


"Terima kasih dan apresiasi yang setinggi tigginya untuk Babinsa yang telah menjadi penyemangat serta warga Turen yang mau menjaga dan merawat sungai jadi bersih," ucapnya.


(Humas Kodim Sleman) 

Lebih baru Lebih lama