Refleksi Kemanunggalan TNI Rakyat, Kodim Purbalingga Gelar Donor Darah


Refleksi Kemanunggalan TNI Rakyat, Kodim Purbalingga Gelar Donor Darah

Ketika Anggota TNI donor darah

PURBALINGGA I KEJORANEWS.COM: Dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD Tahun 2020 yang puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2020, Kodim 0702/Purbalingga menggelar berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu bhakti sosial donor darah yang digelar di Indoor Cokro Sunarjo, Kompleks Makodim 0702/Purbalingga, Jl S. Parman No.1 Kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Rabu(2/12/2020).

Hari Juang TNI AD itu sendiri merupakan refleksi perjuangan dan kemanunggalan TNI-Rakyat yang tidak bisa terpisahkan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara yang kala itu berhasil mengusir penjajah dari Ambarawa pada 15 Desember 1945. Dalam pertempuran yang kita kenal dengan istilah Palagan Ambarawa

karenanya selain kegiatan internal, dalam peringatannya pun tetap melibatkan dan ditujukan untuk masyarakat, seperti bhakti sosial, donor darah maupun kegiatan lainnya.

Seperti disampaikan oleh Kasdim 0702/Purbalingga Mayor Inf Ahmad, melalui kegiatan donor darah ini diharapkan dapat membantu masyarakat, khususnya bagi ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Purbalingga serta dapat meningkatkan kesadaran prajurit dan masyarakat untuk memiliki rasa kepedulian dan jiwa saling tolong menolong antar sesama.

“Kepedulian kita terhadap sesama juga merupakan salah satu implementasi dari 8 Wajib TNI yang mewajibkan prajurit untuk saling membantu, dan saling menolong dalam mengatasi kesulitan di sekelilingnya, apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini dimana stok ketersediaan darah di PMI tentunya sangat dibutuhkan, karenanya Kodim 0702/Purbalingga dengan menggandeng PMI Kabupaten Purbalingga, unsur TNI/Polri, Persit, PIA Ardhya Garini, Ormas dan unsur elemen masyarakat lainnya melaksanakan donor darah. Harapannya setetes darah kami dapat menyelamatkan orang yang membutuhkan,” ujar Kasdim.

"Sesuai dengan daftar absensi ada 150 orang yang mengikuti kegiatan donor darah ini, namun tentunya yang memenuhi syarat yang akan diambil darahnya, mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu mengatasi kesulitan masyarakat khususnya dimasa pandemi Covid-19,” tambahnya.

(Satria Ferry/Pendim 0702)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama