Warga Papua Menyerahkan Dua pucuk Senjata Api Rakitan Ke-Satgas Yonif MR 413 Kostrad


Warga Papua Menyerahkan Dua pucuk Senjata Api Rakitan Ke-Satgas Yonif MR 413 Kostrad

PAPUA I KEJORANEWS.COM: Dimasa penugasan yang baru menginjak tiga bulan di daerah operasi pengamanan perbatasan RI-PNG Sektor Utara Papua, Satgas Yonif MR 413 Kostrad telah membuktikan kedekatan dengan masyarakat melalui kegiatan teritorial yang setiap hari gencar dilakukan.

Hubungan emosional antara Satgas dan masyarakat yang begitu erat dan penuh kekeluargaan dalam setiap kegiatan, akhirnya membuahkan kepercayaan masyarakat kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad yang salah satunya terjadi di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom. Ialah YN(48) merupakan salah satu tokoh masyarakat Kampung Kibay yang secara sukarela memberikan senjata rakitan jenis laras pendek sejumlah 2 buah.

"Saya berikan senjata ini kepada kalian(Pos Kaliasin) yang telah tulus menjaga serta menyayangi kami. Kalian sering bantu pelayanan kesehatan, membagikan sembako, hingga yang paling berkesan adalah kalian bisa menggelar kembali upacara perayaan Kemerdekaan 17 Agustus yang telah dua belas tahun tidak dilaksanakan di kampung ini," ungkap YN kepada Letda Inf Ravio Mourbas selaku Komandan Pos Kaliasin. 

YN juga mengkonfirmasi pertanyaan Komandan Pos terkait asal mula senjata tersebut. "Iya saya paham, pasti kalian akan bertanya senjata ini dari mana, yang jelas sekitar sepuluh tahun lalu situasi di wilayah kampung ini tidak aman, perang suku antar Kampung hampir terjadi setiap saat, sehingga saya harus punya senjata ini untuk menjaga diri. Namun saat sekarang ini situasi keamanan di Kampung kami sudah aman, sehingga saya tidak merasa perlu lagi menyimpan senjata ini," jelas YN kepada Danpos.

Merasa terhormat, Ravio pun menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat khususnya YN kepadanya dan anggota Pos Kaliasin Satgas Yonif MR 413 Kostrad. "Kami merasa terhormat atas kepercayaan masyarakat kepada kami, semoga hubungan kekeluargaan diantara kita semakin kuat dan kompak," tandas Ravio. 

Tak lama berselang, Abituren Akmil 2017 itupun menghubungi Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han terkait penyerahan senjata rakitan yang ia terima dari salah satu warga Kampung Kibay. "Terimakasih atas laporannya, akan segera ditindaklanjuti proses penyerahannya oleh Pasi Intel Satgas, teruslah kalian berbuat terbaik kepada masyarakat secara tulus dan ikhlas. Sampaikan salam hormat saya kepada seluruh warga Kampung Kibay," ucap Dansatgas sesaat setelah menerima laporan dari Komandan Pos Kaliasin.

Dikesempatan lain, Dansatgas juga memberikan arahan kepada seluruh jajaran Pos Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang tersebar di tujuh belas titik di wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. "Saya tekankan ulang kepada seluruh Jajaran agar selalu berbuat terbaik dan tulus kepada masyarakat melalui kegiatan pendekatan teritorial yang humanis tanpa melupakan faktor keamanan dan disiplin tempur sesuai ketentuan. Prestasi yang telah didapatkan oleh Pos Kaliasin merupakan wujud keberhasilan pendekatan teritorial yang telah berjalan sesuai yang direncanakan," perintah Anggun kepada seluruh Komandan Pos. 

(Pensatgas Yonif MR 413 Kostrad)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama