{[["☆","★"]]}

Foto bersama nara sumber dan peserta
JATIM I KEJORANEWS.COM: Angin segar dihembuskan pada acara bincang pemuda di Kebun Raya Purwodadi, Sabtu-10- 2020 kemarin. Terutama bagi pegiat komunitas-komunitas yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Ini tercetus saat acara audiensi antara beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Pasuruan  dengan perwakilan dinas pemerintah yang hadir. Bangkesbangpol, Diknas, Dispora dan juga perwakilan anggota dewan yang datang, Andre Wicaksono, Ketua DPR.

Ketua PFY Alfin Nurul
Diadakan oleh PYF, Pasuruan Youth Forum acara tersebut menjadi ajang curhat para pengusung tokoh komunitas pemuda. 2 orang untuk setiap komunitas. Organisasi yang hadir pada acara itu adalah,


Komalku Pas,  Komunitas Menulis Buku Indonesia Pasuruan,  Pasdev, Ikmapas, Imapas malang, Imapas trunojoyo, KIPAS, Kompas polinema,  Pmii, GMNI, IMM, Formapas, Anak bantaran, Next project, Forum mahasiswa dinas, Pemuda krajan dan Abimata.

Sugiarto, anggota dewan sekaligus  pembina PYF yang membawahi 30 komunitas, pada kesempatan kali itu memberikan pandangan menggembirakan. Komunitas harus mempunyai badan hukum, supaya diakui dan bisa ikut ambil bagian bila ada kegiatan yang membutuhkan keterlibatan pemuda.

Mengusung tema Pemuda Bisa Apa. Acara berlangsung hangat. Masing-masing dinas akan memfasilitasi kemauan pemuda. Dispora, mewacanakan gedung pusat untuk aktifitas. Diknas bersedia memberi sertifikat untuk penulis buku, Bangkesbangpol akan melibatkan pemuda bahkan untuk diskusi politik.

Sugiarto
Sementara itu Ketua Dewan penuh semangat mengajak pemuda ikut terlibat dalam pembangunan pasuruan. Melalui kemampuan yang dimiliki. Sebagai konten kreator pun sebagai pemuda penggerak hingga pelaku bisnis. UMKM mendapat sorotan terdepan pada pembahasannya lewat up destinasi wisata.


Acara ditutup dengan pemberian cinderamata oleh panitia kepada narasumber dan foto bersama. Alfin, ketua PYF yang juga penerima beasiswa pertukaran pelajar dan Mahasiswa. Ia menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada komunitas participant.

Terkait legalitas komunitas dia menyambut baik dan mengatakan merupakan hal yang penting. "Kalau teman-teman komunitas masih bingung kenapa harus legal, ada pengalama menarik.  PYF pernah dapat grant dari British Council (pemerintah inggris), tapi mereka mintanya norek organisasi, kalau norek pribadi bakal kena charge. Jadi salah satu fungsi legal adalah berkenaan dengan pendanaan," tutur Alfin sang ketua PFY menjelaskan, Selasa(27/10/2020).

(Anis Hidayatie)

 
Top