Masjid BJ Habibie BP Batam Dapat Tampung 600 Jamaah


Masjid BJ Habibie BP Batam Dapat Tampung 600 Jamaah

Sholat Jum'at Jamaah, Perdana di Masjid
BATAM I KEJORANEWS.COM: Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar menyampaikan bahwa Masjid yang dibangun oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam, berlokasi di antara gedung utama dan Bifza Annex 1 BP Batam, sudah bisa dimanfaatkan. Sabtu, (14/03/2020)

Masjid dengan luas bangunan kurang lebih 1.154 meter per segi ini terdiri dari lantai dasar, ruang jamaah pria di lantai bagian atas dan ruang jamaah wanita di lantai mezzanine.

"Untuk memudahkan berwudhu disediakan tempat wudhu pria dan wanita yang letaknya terpisah, serta masjid ini mampu menampung kurang lebih 600 jamaah," terangnya di gedung BP Batam, Batam Centre - Batam.

Tempat ibadah ini, lanjutnya akan diberi nama Masjid BJ Habibie. Dimana mengawali pembangunan/peletakan batu pertama sembilan bulan silam, tepatnya tanggal 8 Juni 2019. 

Filosofi Masjid BJ Habibie BP Batam, adalah cerminan dari kalimat Tauhid. Tauhid artinya menyembah hanya kepada yang Satu, yaitu Allah Subhanahuwata’ala.

Konsep Tauhid ini diimplementasikan ke bentuk fasade bangunan mesjid berupa lafadz Allah pada bagian Selatannya dan lafadz Muhammad pada bagian Utara.

Pembangunan Mesjid ini dilatarbelakangi kebutuhan Pegawai BP Batam akan tempat ibadah saat Sholat Jumat dan Sholat wajib lainnya yang selama ini selalu mengandalkan Ruang Balairung Sari di lantai 3 - Gedung BIDA dan musholla-musholla kecil di tiap sudut lantainya.

"Ibadah perdana di masjid, pelaksanaan Sholat Jum'at (13/3), diisi khutbah oleh Ustadz Luqman Rifai, pengurus MUI Kota Batam dan sekaligus Ketua IPIM Kota Batam," tutupnya.



Andi Pratama
Lebih baru Lebih lama