Di Musrebang 2021 Lampura, Wagub Sampaikan 5 Pokok Arahan Presiden


Di Musrebang 2021 Lampura, Wagub Sampaikan 5 Pokok Arahan Presiden

Serah terima usulan Plt Bupati Lampura
ke Wakil  Gubernur Lampung-
LAMPUNG UTARA I KEJORANEWS.COM : Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang) daerah merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam suatu sistem rencana pembangunan nasional yang terbagi dalam beberapa tahapan pembangunan. Musrenbang nantinya akan menghasilkan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD). Hal ini disampaikan oleh Plt. Bupati Budi Utomo dalam kata sambutannya saat membuka Musrenbang Kabupaten Lampung Utara ( Lampura) 2021 di Aula ruangan Tapis Sekretariat Kabupaten.Kamis(12/03/2020).

" Mari menyatukan persepsi bersama, bahu membahu, dan bergotong-royong membangun Kabupaten Lampung Utara agar semakin hebat, kuat dan bermartabat," pintanya.

Sementara itu, dalam arahannya, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim , M.Kn.,M.,Si.,PhD., dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa,  pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Lampung Utara merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan dengan pendekatan Bottom Up, yaitu dengan menjaring seluruh aspirasi masyarakat. hal ini membuktikan komitmen seluruh jajaran pemerintah untuk melibatkan pertisipasi masyarakat dalam tahapan perencanaan pembangunan.

"Saya berharap, kita tidak terjebak pada rutinitas dan hanya sekedar memenuhi kewajiban melaksanakan rangkaian proses perencanaan serta memanfaatkan momentum ini untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat." Katanya.

Tambahnya, Pemerintah Provinsi Lampung bersama Kabupaten/Kota memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan 5 pokok arahan Presiden, yaitu Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, serta Transformasi Ekonomi.

" Selaras dengan arahan Presiden yang telah disampaikan, maka tema pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2021 "Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Infrastruktur menuju Lampung Berjaya", dengan 6 prioritas pembangunan, antara lain meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, peningkatan investasi dan nilai tambah produk unggulan, reformasi birokrasi, kehidupan masyarakat yang religius, aman dan berbudaya, serta pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi bencana.

Diakhir sambutannya, Wakil Gubernur berpesan pada MUSRENBANG RKPD tahun 2021 ini, Pemda Lampura dapat memetakan strategi dan langkah prioritas yang tepat, yang akan memberikan daya ungkit yang kuat sehingga daerah mampu menjadi penopang laju pembangunan Provinsi Lampung.

"Saya berpesan agar dalam penyusunan RKPD 2021 dapat mengoptimalkan potensi sumber daya untuk mempercepat laju pembangunan di Kabupaten Lampung Utara." Jelasnya.

Acara  dilanjutkan dengan pemaparan&diskusi bersama, penyerahan distribusi anggaran dan lokasi program kegiatan APBD dan APBN OPD Provinsi Lampung oleh Wakil Gubernur kepada Plt.Bupati dan sebaliknya usulan kegiatan APBD Kabupaten Lampung Utara tahun 2021 oleh Plt. Bupati kepada Wakil Gubernur dan terakhir usulan kegiatan APBN Kabupaten Lampung Utara Tahun 2021 di serahkan oleh Plt. Bupati kepada anggota DPD RI".

Hadir dalam kegiatan anggota DPD RI, anggota DPRD Provinsi,Ketua beserta anggota DPRD Kabupaten, Forkopimda,Pj.Sekda Para Asisten, Staf Ahli,Kepala Organisasi Perangkat Daerah,Camat,Wakil Ketua TP-PKK, Ketua Darma Wanita Persatuan,serta para tamu undangan peserta Musrenbang.

(Edian)
Lebih baru Lebih lama