Peringati HAB Kemenag, Wabup Natuna Ajak Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama


Peringati HAB Kemenag, Wabup Natuna Ajak Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

Upacara HAP Kemenag ke 74 -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Peringatan puncak Hari Amal Bakti (HAB) ke- 74 Kementrian Agama tingkat Kabupaten Natuna dilaksanakan dalam sebuah upacara yang digelar di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Natuna, Jum'at (3/1/2020) pagi.

Bertindak selaku pembina upacara, Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti dalam amanatnya mengajak seluruh jajaran Kemenag Natuna dan peserta upacara untuk senantiasa memperkuat kerukunan antar umat beragama.

Hal tersebut katanya merupakan suatu upaya untuk mempertahankan keutuhan bangsa dan negara, untuk Indonesia maju, seperti yang selalu disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Pada kesempatan itu, Wabup juga menyampaikan bahwa, Kemenag RI yang terbentuk pada tanggal 3 Januari 1946 sesuai Undang-undang nomor 29 tahun 1945, tentang Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemenag RI menjadi salah satu lembaga bagian dari Pemerintahan.

“Di mana negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing, yang berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Ngesti juga menjelaskan, dasar Ketuhanan Yang Maha Esa, merupakan fundamen moral yang melandasi penyelenggaraan Negara, Pemerintah dan Pembangunan Kedaulatan NKRI. Sehingga agama bukan simbol perpecahan atau propoganda, serta tidak menyiarkan ujaran kebencian maupun kekerasan terhadap pemeluk agama lain.

“Begitu juga Pemerintahan tidak bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi Negara,” jelasnya.

Kata Ngesti, dulu setiap negara belum mengenal teori akomodasi, yang mempelajari tentang keterkaitan hubungan agama dan negara.

“Agama dan Negara saling membutuhkan. Serta dapat mengokohkan demi kebahagiaan hidup manusia dengan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa,” ulasnya.

Sesuai dengan tema HAB ke 74 tahun ini, yaitu “Umat Rukun Indonesia Maju”, Ngesti mengajak seluruh jajaran Kemenag dan Masyarakat Natuna, agar senantiasa memperkuat kerukunan antar umat beragama. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan keutuhan bangsa dan negara, demi Indonesia Maju yang selalu digaungkan oleh Pemerintah Pusat, di masa Kepresidenan Joko Widodo (Jokowi).

Dalam kesempatan itu Ngesti juga memberikan penghargaan Satya Lencana kepada sejumlah Pegawai Kemenag Natuna, yang telah mengabdi lebih dari satu dekade (10 tahun).

Dalam Upacara bendera peringati HAB turut dihari oleh Kepala Kantor Kemenag Natuna, H. Husein, Wakil Ketua I DPRD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah, para pimpinan OPD, FKPD serta para pegawai Kemenag Natuna dan para beberapa siswa dari tingkat SD, SMP, SMA dan Mahasiswa. (Rom)

Lebih baru Lebih lama