{[["☆","★"]]}
HAB ke-74 di Dataran Engku Putri, Batam Centre - Batam
BATAM I KEJORANEWS.COM : Muhammad Rudi pimpin upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama (Kemenag) tingkat Kota Batam, di Dataran Engku Putri, Batam Centre - Batam. Jumat (03/01/2020)

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengucapkan terima kasih atas peran Kementerian Agama selama ini menjaga kerukunan umat beragama, sehingga Batam bisa tetap kondusif.

"Saya bersama pemerintahan daerah, atas nama masyarakat Kota Batam, menyampaikan ribuan terima kasih pada Kemenag. Bahwa Batam dalam kehidupan beragama berjalan baik, saling mengerti, saling menghargai. Ini tak lepas dari tugas dan tanggung jawab kerja Kemenag sehingga semua kondusif. Mudah-mudahan bisa bertahan terus, terjaga sampai akhir hayat," terangnya.

Selanjutnya, selaku Inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan bahwa agama dan negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.

Penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Kesalehan beragama dan loyalitas bernegara harus saling mendukung satu sama lain.

"Kita dapat menjadi umat beragama yang saleh sekaligus menjadi warga negara yang baik. Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ’Umat Rukun, Indonesia Maju’. Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional," tutup Walikota Batam.
 
Berikutnya ditempat yang sama, Kepala Kemenag Batam, Zulkarnain menyampaikan tahun ini usia Kemenag sudah cukup tua. Di usia ini Kemenag akan memberikan pelayanan keumatan yang semakin baik. Sesuai tema ‘Umat Rukun, Indonesia Maju’ artinya Indonesia maju bila umat beragamanya rukun. Dan itu domain Kemenag. "Harapan kita dapat semakin bersinergi dengan stakeholder terkait lainnya untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama khususnya di Batam," pungkasnya.



Andi Pratama
 
Top