{[["☆","★"]]}
Rembuk Stunting di Kantor Desa -
LAMPUNG I KEJORANEWS.COM : Dalam rangka percepatan, pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi aparat Pemerintah Desa (Pemdes) Mekar Sari, Kecamatan Tanjung Raya,Kabupaten Mesuji menggelar rembuk stunting di kantor Desa. Sabtu(28/9/19).

Sunardi Kepala Desa (Kades) Desa Mekar Sari yang membuka acara menyampaikan, bahwa Stunting / gizi buruk adalah kondisi gagal tumbuh kembang pada anak Bayi Lima Tahun (Balita) akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Secara fisik, kondisi stunting dapat dilihat dari pertumbuhan tinggi badan per umur yang tidak sesuai dengan standar pertumbuhan yang seharusnya.

Jelasnya, akibat terburuk dari penderita adalah perkembangan dan pertumbuhan otak anak, sehingga kecerdasan anak tidak maksimal yang tentu saja akan menimbulkan masalah secara sosial yang bisa mempengaruhi masa depan serta produktivitas anak tersebut.

Terkait hal itu, tambah Kades, ada beberapa cara yang akan dilakukan Pemdes Mekar Sari dalam mengurangi angka stunting. Salah satunya dengan menanam Sayur. Ia menyebutkan dalam hal itu, Pemdes Mekar Sari berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Mesuji.

"  Dinas Ketahanan Pangan akan menyalurkan bantuan bibit sayur serta pupuknya kepada penderita stunting. Selain itu, kami Pemdes Mekar Sari akan menyiapkan bantuan susu bagi penderita stunting. " Tambahnya.

Ia berharap, dalam rembuk ada  komitmen dan konsistensi untuk mencapai Desa Mekar Sari menjadi desa sehat dan bebas stunting. 

Kegiatan dihadiri, oleh kurang lebih 35 orang yang terdiri dari, perwakilan Kecamatan Tanjung Raya, Bhabinkamtibmas, Bidan Desa, Pendamping Desa serta Kader-kader posyandu se-Desa Mekar Sari, perangkat Desa, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat sejumlah desa.

(Sagiman/Yusri)
 
Top