{[["☆","★"]]}
Dosen, Mahasiswa dan Pejabat Natuna -
NATUNA I KEJORANEWS.COM: Mahasiswa  Universitas Brawijaya Malang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan mengisi kegiatan Expo dan Forum Group Discusion (FGD) di Hari Keluarga Nasional yang Ke XXVI Tingkat Kabupaten Natuna yang di sejalankan dengan Hari Ulang Tahun Kampung Desa Pengadah, Rabu (31/7/2019).

Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Sepak Bola Desa Pengadah Bunguran Timur Laut dan dihadiri oleh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Natuna dan Masyarakat.
Pengenalan Batik 


Perwakilan Mahasiswa KKN Universitas Brawijaya Malang Petrik Mangaba, di sela-sela kegiatan mengatakan, pada kegiatan ini ada 5 program unggulan yang akan disampaikan dan dipromosikan seperti membatik, defersifikasi kelapa, lengelolaan sampah, dan desain kemasan produk Makanan.

" Seperti yang kita ketahui bahwa di kawansan Desa-desa belum ada Batik Tulis. jadi, kami membawa batik ini sebagai contoh dan ini merupakan program unggulan dan selain itu ada juga diversifikasi bua kelapa yang diolah menjadi produk-produk  yang baru dan nilai jualnya sangat tinggi, " ucapnya.
Para Mahasiswa 


Ia juga mengatakan, Berdasarkan FGD tahun lalu, masyarakat desa ingin dikenalkan tentang sampah organik dan non organik beserta pengolahannya. Selain itu Penduduk Desa Pengadah juga minta didesainkan sebuah kemasan produk makanan yaitu keripik pisang dan kerupuk ikan.

Sementara itu, Dosen Universitas Brawijaya Malang Susinggih Wijana, menyampaikan, bahwa pihak Universitas Brawijaya Malang telah mengenalkan pengolahan Ikan, Keripik Pisang dan pada tahun ini Batik. 

" Oleh karna itu kami berharap, kerajinan  batik dis sini dapat menjadi berkembang dan dapat mengindustrikannya karena ini merupakan karakter dari Budaya Natuna, " ungkapnya. 

Ia juga mengakui bawa Natuna sangat kaya dengan  ikon-ikon yang di milikinya seperti Bambu, Sisik Ikan, Bunga Cengkeh, Anggur Laut, Lebah dan Kembang Semangkok dan menurutnya itu bisa menjadikan sebuah motif  batik. 

Di kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Kabupaten Natuna Nurhayati Hamid Rizal, sangat mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Brawijaya Malang yang dilaksanakan di Desa Pengadah Bunguran Timur Laut yang bertujuan mengembangkan sebuah Seni membatik. 

" Saya menyambut baik kedatangan  Mahasiswa KKN Universitas Brawijaya Malang di Kabupaten Natuna yang bertujuan mengembangkan sebuah Karya Batik, " paparnya. 

(Iwan Kurniawan)
 
Top