{[["☆","★"]]}
Wakil Bupati Sampaikan Kata Sambutan -
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Sebanyak 7 orang siswa Sekolah Dasar dari 7 Kecamatan di Natuna mengikuti Lomba bercerita tingkat Kabupaten Natuna,  yang dilaksanakan di kantor Dinas Perpustakaan dan kearsipan Daerah Natuna (DPKD), mulai Rabu hingga Jumat lusa.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti. Dalam sambutannya, wakil Bupati Natuna menyampaikan bahwa lomba bercerita yang dilaksanakan oleh DPKD ini merupakan salah satu hal positif terutama dalam upaya menumbuhkan  minat baca anak – anak , yang selama ini masih sangat kurang.
Basri Kadis Perpustakaan dan Kearsipan
Sampaikan Kata Sambutan 


Ngesti menambahkan, melalui lomba bercerita diharapkan akan menciptakan anak yang berkarakter positif dan cerdas melalui kebiasaan membaca, tentunya dengan dukungan orang tua dan pihak lainnya.

“ Dengan membaca dapat menciptakan kecerdasan, anak – anak kita dapat meningkatkan kreatifitasnya dalam bercerita,” kata Ngesti, di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Rabu (19/6/2019).
Yoga Pemenang Lomba Bercerita 


Guna meningkatkan kemampuan anak dalam bercerita dan membaca perlu dilakukan secara terus menerus, Ngesti menambahkan kegemaran membaca perlu dikembangkan secara serentak dan terpadu disetiap perpustakaan sekolah dan juga para siswa harus mendapatkan bimbingan yang serius dari para orang tua serta guru guna menumbuhkan minat dan bakat mereka.

“Kegiatan lomba membaca ini merupakan salah satu motivasi bagi anak untuk gemar membaca,” tambah Ngesti.

Pembukaan lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidayah ini diihadiri oleh sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Natuna. Kegiatan lomba sendiri dimulai pada siang hari.

Kepala Dinas perpustakaan dan kearsipan Daerah Natuna, Basri dalam lapornnya menyampaikan sedianya ada 9 Sekolah Dasar  (SD) yang mendaftarkan siswanya untuk  mengikuti lomba bercerita, namun 2 diantaranya mengundurkan diri.

“ Kecamatan Bunguran Utara dan Pulau Tiga Barat mengundurkan diri untuk tidak mengikuti lomba bercerita pada tahun ini,’’jelas Basri.

Nantinya pemenang Lomba bercerita tingkat Kabupaten Natuna, akan diikutkan dan mewakili Natuna pada lomba bercerita tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Sebelumnya pada tahun 2017 lalu, Yoga siswa Sekolah Dasar juara pertama pada lomba bercerita tingkat Kabupaten Natuna berhasil meraih juara pertama tingkat Provinsi Kepulauan Riau dan mewakili Kepri ke ajang tingkat Nasional.

Dalam upaya menjaring minat masyarakat untuk datang dan membaca diperpustakaan daerah, selain menggelar lomba bercerita tingkat sekolah Dasar, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (KPKD) Natuna, juga mengadakan penilaian terhadap pengunjung yang paling aktiv datang ke gedung perpustakaan Natuna.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Natuna, Basri dalam laporannya pada pembukaan lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar sederajad di Natuna, Rabu pagi menyebutkan untuk penilaian pengunjung teraktif sepanjang tahun 2018 hingga 2019 adalah Zulfatun Mahmudah siswa MAN Natuna kepada yang bersangkutan akan diberikan reward sebagai penghargaan.

“Penyerahan piagam dan trophy akan diserahkan pada saat penyerahan hadih bagi pemenang lomba bercerita nantinya,” kata Basri.

Dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung, selain terus menambah jumlah dan judul buku, DPKD Natuna juga memberikan pelayanan Wifi gratis yang dapat diakses oleh pengunjung perpustakaan yang beralama di Jalan Sihotang Ranai itu.(adw)
 
Top