Dinkes Anambas Apresiasi Masyarakat yang Mengikuti Deteksi Penyakit di Posbindu TPM


Dinkes Anambas Apresiasi Masyarakat yang Mengikuti Deteksi Penyakit di Posbindu TPM

Kegiatan Posbindu TPM
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Herianto, Kepala Dinas Kesehatan PPKB  Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) mengapresiasi masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) Penyakit Tidak Menular (PTM) yang digelar dinasnya di halaman kantor Dinkes KKA. Jum'at (25/01/2019).

"Kami apresiasi masyarakat  yang ikut kegiatan, karena program ini bagus untuk mengontrol kesehatan diri kita, " ujarnya.

Selain itu Herianto mengatakan, kegiatan tersebut  dapat menjangkau masyarakat yang terpencil di daerah dan memberikan manfaat, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu dan jarang mengecek kesehatan secara rutin.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat dapat mengikuti program yang dilaksanakan di setiap akhir bulan.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang  Pencegahan pengendalian penyakit (P2) Islam Malik, menjelaskan bahwa kegiatan itu sudah berjalan empat  tahun dengan sumber anggaran dari APBD. 

" Berbagai gejala penyakit yang dapat dideteksi dari pengecekan ini di antaranya kolestrol, asam urat, gula darah dan kadar sel darah merah. Rata-rata kolestrol lebih tinggi, gula juga tinggi, tetapi asam urat lebih banyak ditemukan, sedangkan gejala sel darah merah tidak begitu banyak ditemukan selama kegiatan ini," paparnya.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas kesehatan ini  termasuk dalam program perioritas nasional untuk mendeteksi dini gejala penyakit di lingkungan masyarakat, dan bersifat gratis tidak dipungut biaya.

Lionardo
Lebih baru Lebih lama