Tiga Tentara Ukraina Tewas di Wilayah Timur yang sedang Perang


Tiga Tentara Ukraina Tewas di Wilayah Timur yang sedang Perang

UKRAINA I KEJORANEWS.COM : Tiga tentara Ukraina telah tewas dan 16 lainnya terluka dalam gelombang baru bentrokan dengan pasukan pro-Rusia di bagian Timur Ukraina yang bermasalah, militer pemerintah mengatakan.

Andriy Lysenko, juru bicara militer Ukraina, yang membuat pengumuman itu pada hari Minggu (10/7/16) mengatakan, delapan dari tentara yang terluka menderita gegar otak dalam tembakan artileri pada akhir pekan di dekat desa Luganske, sekitar 50 kilometer (30 mil) timur laut dari Donetsk.

Dia mengatakan, pro-Rusia yang menggunakan granat dan senapan mesin berat menyerang posisi tentara Ukraina di wilayah tersebut, yang menyebabkan kehancuran bangunan perumahan.

Sementara itu, Pasukan pro-Rusia menuduh, pasukan Ukraina menembaki kota Gorlivka di wilayah Donetsk, melukai empat warga sipil, dua perempuan dan dua laki-laki.

Bentrokan dalam beberapa pekan terakhir sering terjadi, telah diakui dari kedua belah pihak, meskipun telah ada perjanjian gencatan senjata yang bertujuan untuk menghentikan konflik 26-bulan di Ukraina timur tersebut.

konflik meletus setelah orang-orang di Ukraina Laut Hitam semenanjung Crimea, bergabung kembali dengan Federasi Rusia Maret 2014. Negara barat mengecap perkembangan itu sebagai aneksasi Moskow wilayah Crimea. Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Eropa juga menuduh Moskow memiliki campur tangan dalam krisis di Timur Ukraina, Tuduhan itu disangkal oleh Moscow.

Wilayah Timur Ukraina Donetsk dan Lugansk telah menyaksikan bentrokan mematikan antara pasukan pro-Rusia dan tentara Ukraina, sejak Kiev melancarkan operasi militer pada bulan April 2014 untuk menghancurkan protes pro-Moskow di sana.

Krisis tersebut telah mengakibatkan hampir 9.500 orang tewas dan lebih dari 21.000 lainnya terluka, menurut PBB.

Pada bulan September 2014, pemerintah di Kiev dan pro-Rusia menandatangani perjanjian gencatan senjata di ibukota Belarusia Minsk dalam upaya untuk menghentikan bentrokan. Mereka menyepakati 12 poin, termasuk menarik kembali senjata berat, membebaskan tahanan, mendirikan zona penyangga di perbatasan Rusia-Ukraina, dan memungkinkan akses ke pengamat internasional.

Kedua belah yang berperang juga menandatangani kesepakatan gencatan senjata lain, dijuluki Minsk II, pada Februari 2015 di bawah pengawasan Rusia, Jerman dan Perancis.

Sejak itu, bagaimanapun, kedua belah pihak beberapa kali saling menuduh pihak lawan melanggar gencatan senjata.

Sebelumnya pada bulan Mei, Perancis dan Jerman mengadakan putaran pembicaraan dengan Ukraina dan Rusia di ibukota Jerman Berlin, sebagai bagian dari upaya mediasi untuk menuntaskan kesepakatan perdamaian abadi, tapi tidak ada konsensus tercapai atas masalah ini.

Sumber : presstv.com

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama