{[["☆","★"]]}
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Meningkatkan tugas pengawasan terhadap jalannya Pemilihan Umum (Pemilu), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas  menggandeng Pramuka sebagai pengawas partisipatif. Sosialisasi terkait pengawas partisipatif digelar Bawaslu di Hotel Anambas Inn, Selasa (5/02/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas Yopi Susanto, SE mengatakan, bahwa kerjasama dengan 
Pramuka sesuai UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

" Inti kerjasama kita untuk pencegahan terhadap potensi pelanggaran Pemilu. Selain melibatkan partisipasi komponen masyarakat yang ada, kita juga menggandeng gerakan pramuka sebagai agen partisipatif, " ujar Yopi Susanto.

Yopi juga menyampaikan bahwa pihaknya telah membentuk Adhyasta Pemilu.

“Adhyasta itu bahasa sanskerta yang berarti pengawasan. Kita nanti malam kita akan melakukan Pengukuhan saka adhyasta Pemilu dan sekarang pagi ini selasa 05/02/2019 pukul 08.30 WIB dilakukan sosialisasi Pemilu Partisipatif, " tambahnya.

Untuk peningkatan pengawasan partisipatif, dikatakannya lagi, bahwa  pihaknya akan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Pramuka Golongan Pandega dan Penegak. 

" Diklat kita berikan kepada ke 2 golongan Pramuka itu karena keduanya telah mencapai usia hak pilih. Mereka menjadi akan menjadi Saka Adhyasta Pemilu tingkatan bawah,” jelasnya.

Syarifuddin Kepala Pusdiklat cabang Kabupaten Kepulauan Anambas di sela-sela kegiatan sosialisasi, membenarkan bahwa pihaknya akan mengukuhkan pengurus saka adhyasta Pemilu tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas masa bhakti 2019-2024, di Hotel Anambas Inn, Selasa malam ini.

Lionardo
 
Top