{[["☆","★"]]}
Penari Festival Kue Bulan
ANAMBAS I KEJORANEWS.COM : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas ( KKA) menggelar Moon Cake Festival. Sabtu malam (22/9/2018).

Moon  cake adalah perayaan kue bulan bagi masyarakat Tionghoa. Yang mana peringatannya dirayakan oleh masyarakat Tionghoa terbesar kedua setelah perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek.

Mooncake festival dipusatkan dijalan Imam Bonjol Lapangan Sepak Bola Sulaiman Abdullah Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas. Kegiatan yang dimulai pada jam 16:00 WIB diisi dengan   Bazaar Kuliner, dan Lomba Busana Cheongsam Anak dan pada jam 19:00 WIB., diisi dengan pagelaran Budaya Etnis Tionghoa.
Wabup Anambas, Wan Zuhendra saat
Memberikan Kata Sambutan


Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, yang hadir dan memberikan kata sambutan,  mengatakan, festival " Moon Cake"  "atau kue bulan merupakan salah satu upaya meningkatkan minat para generasi masyarakat Tionghoa Anambas pada seni dan budayanya. sehingga setelah dilestarikan oleh mereka, kegiatan itu dapat dijadikan seni budaya bagi KKA, khususnya masyarakat Tonghoa Anambas.

"Ini sudah masuk agenda Pemkab Anambas yaitu Dinas Pariwisata tiap tahunnya, dan memang kita selenggarakan untuk seluruh kalangan, " ujar  Wan Zuhendra.
Wisatawan Menikmati Festival Kue Bulan


Yoel Panitia pelaksana kegiatan mengatakan,  biasanya, umat Tionghoa berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabat menikmati bulan purnama yang jatuh pada tanggal 24 September 2018 mendatang, atau dihitung dengan penanggalan Cina/masehi tanggal 15 Bulan Agustus, di mana pas masuknya Bulan Purnama. Namun, guna menjalani silaturahmi dengan semua masyarakat, penyelenggara pun membuka untuk umum, agar bisa dinikmati oleh seluruh kalangan.

"Jadi, sebenarnya puncak bulan purnama adalah tanggal 24 September mendatang ucap Ketua Penyelenggara Moon Cake Festival, " Yoel.

Kegiatan perdana "  Moon Cake " yang diadakan Pemkab KKA ini, sangat meriah, selain wisatawan  lokal , juga terlihat sejumlah wisatawan manca negara yang mengikuti dan menikmati acara.

Sejumlah kegiatan dalam memeriahkan  Moon Cake ini adalah Bazar makanan vegetarian, parade tujuh dewi, kue bulan, perlombaan modeling dan hiburan artis Mandarin, yang diiringi dengan  permainan musik Fuzeng, kolaborasi dengan musik Melayu.


Lionardo
 
Top