{[["☆","★"]]}
Perayaan tahun baru di bundraan Jakarta
JAKARTA I KEJORANEWS.COM : Berikut ini adalah tradisi unik perayaan menyambut tahun baru yang dilakukan 12 negara di dunia, yang dirilis loop.co.id.

1. Bolivia, Brazil, Meksiko, dan Filipina
Loopers, 4 negara tersebut punya tradisi perayaan tahun baru yang unik lho, yaitu menggunakan pakaian dalam warna-warni! Di Bolivia, menggunakan celana dalam berwarna kuning saat perayaan pergantian tahun dianggap bisa membawa peruntungan. Sedangkan di Brazil dan Meksiko, pakaian dalam yang biasa digunakan adalah warna merah atau kuning. Warna merah melambangkan kehidupan penuh cinta, sementara warna kuning melambangkan kemakmuran. Nah, Filipina beda lagi, Loopers. warga Filipina memakai pakaian dalam dengan corak lingkaran sebagai simbol pengharapan rezeki.

2. Chili
Kalo kamu merayakan tahun baru dalam suasana ceria, hal ini beda dengan yang dirasakan sama warga Chili. Mereka memilih pemakaman sebagai tempat untuk merayakan pergantian tahun, Loopers. Soalnya, mereka mau merayakan perayaan tahun baru dengan keluarga atau kerabat yang udah meninggal dunia.

3. Denmark
Tradisi tahun baru ini udah dipersiapkan selama setahun sama warga Denmark, Loopers. Dalam setahun, mereka mengumpulkan piring-piring bekas. Piring-piring itu bakal digunakan untuk melempari rumah teman saat malam tahun baru. Nggak usah khawatir orang yang dilempari itu bakal marah, soalnya tradisi ini udah meluas di Denmark sehingga nggak ada orang yang mengeluh. Malah katanya rumah yang paling banyak dilempari piring adalah orang yang punya banyak teman dan disukai banyak orang lho, Loopers.

4. Ekuador
Di Ekuador, orang-orang biasa merayakan malam tahun baru dengan membakar foto-foto yang menyimpan kenangan buruk. Jadi, di malam tahun baru, masyarakat Ekuador akan berkumpul di satu tempat dan menyalakan api untuk membakar foto dan menghilangkan jejak kelam di tahun lalu, termasuk jejak si mantan. Ups!

5. Irlandia
Wanita Irlandia menggunakan daun mistletoe kalo mau cepat dapat jodoh, Loopers. Terus, saat malam pergantian tahun, cewek-cewek single di Irlandia bakal menaruh beberapa helai daun mistletoe di bawah bantal sehingga sang pacar atau gebetan cepat melamar mereka. Selain itu, mereka juga percaya kalo kebiasaan ini bisa menjauhkan diri dari nasib sial di tahun yang baru.

6. Austria
Austria punya tradisi Lead Pouring atau menuangkan timah saat tahun baru, Loopers. Ini adalah tradisi lama yang menggunakan timah cair, terus cairan timah tersebut dituangkan ke dalam wadah yang sudah diisi air. Kalau sudah dituang, timah-timah tersebut akan menjadi beberapa bentuk yang dijadikan prediksi untuk tahun depan. Contohnya, bentuk bola menunjukkan keberuntungan sepanjang tahun, jangkar berarti memerlukan bantuan, dan salib berarti kematian.

7. Jerman dan Austria
Jerman juga punya tradisi yang sama dengan Austria, yaitu Lead Pouring, Loopers. Di samping itu, masyarakat Jerman juga harus menghabiskan sisa hidangan perayaan tahun baru. Biasanya, makanan yang disajikan saat tahun baru adalah ikan mas. Uniknya, duri ikan mas itu akan dibagi pada para tamu sebagai jimat keberuntungan. Soalnya, tradisi itu melambangkan kalo mereka nggak akan mengalami kekurangan sepanjang tahun, Loopers

8. Turki
Loopers, orang Turki selalu melakukan penggalangan dana saat tahun baru lho. Soalnya, mereka percaya kalo hal ini akan membawa kebahagiaan. Wah, sekalian berbagi rejeki ya, Loopers.

9. Italia
Di Italia, ada kebiasaan menyambut tahun baru dengan menyalakan api unggun yang besar. Api unggun ini nggak boleh padam dalam satu hari, Loopers. Soalnya, mereka percaya kalo mereka nggak bisa merasakan sinar matahari sepanjang tahun kalo api besar itu padam dalam semalam.

10. Yunani
Warga Yunani selalu menebar biji delima sebagai simbol kemakmuran pada tanggal 1 Januari. Soalnya, buah delima melambangkan kesuksesan dan kemakmuran bagi mereka, Loopers.

11. Jepang
Saat tahun baru, orang Jepang biasanya menikmati beberapa makanan, antara lain telur ikan yang melambangkan kemakmuran, tatsukuri yang melambangkan kesuburan, dan manisan tumbuhan laut sebagai simbol perayaan.

12. Spanyol
Warga Spanyol punya tradisi makan 12 buah anggur dan berdoa saat tengah malam pada tanggal 31 Desember. Jumlah anggur yang dimakan menunjukkan simbol 12 harapan pada 12 bulan di tahun yang baru, Loopers.
 
Top