Jalan di Desa Sinarmas Dirabat Beton dengan DD, Pemkab Terbantu


Jalan di Desa Sinarmas Dirabat Beton dengan DD, Pemkab Terbantu

Jalan Akses Warga yang Telah Diperbaiki -
LAMPUNG UTARA I KEJORANEWS.COM : Bertahun lamanya masyarakat Desa Sinarmas Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) menantikan akses jalan mulus menuju Dusun 1 Hujan Mas wilayah setempat, akhirnya kini terkabul sudah.


Jalan mantap itu terwujud setelah Pemerintah Desa (Pemdes) di sana melakukan rehabilitasi melalui Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2024 ini.


Padahal, jalanan itu semestinya bukanlah kewajiban Pemdes Sinarmas Alam, melainkan wewenang Dinas Pembangunan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Pemkab Lampura. Namun lantaran pengajuan perbaikan yang dilayangkan masyarakat setempat kepada Dinas PU-PR tidak kunjung diakomodir, akhirnya Fery Kepala Desa (Kades) setempat melakukan terobosan dengan meminta rekomendasi terhadap  Pemkab untuk mengambil alih perbaikan jalan yang telah lama hancur itu.


Fery mengatakan, jalan itu merupakan akses bagi petani untuk mengeluarkan hasil bumi dari desa mereka menghubungkan Desa Kembang Gading, Kecamatan Abung Selatan hingga menuju perkotaan  Lampura, oleh sebab itulah jalan mulus begitu dinantikan masyarakat.


"Jalanan ini sudah bertahun rusak parah, sementara masyarakat mayoritas berpenghasilan dari pertanian dan perkebunan, akibat jalan rusak itu akhirnya berkali-kali kendaraan warga kecelakaan," kata Fery ketika dikonfirmasi wartawan pada Sabtu, 02 Maret, 2023.


Sembari memantau pekerja menjalankan tugasnya, Kades ini pula menjelaskan jika jalan tersebut dibangun dengan jenis rabat beton.


"Kita bangun jalan rabat beton karena menyesuaikan dengan kondisi tanah yang lebih dan lokasinya juga turunan-tanjakan terjal. Jadi kalau dibangun cor rabat beton kualitasnya lebih kuat," jelasnya.


Dirinya juga menegaskan pada pekerja untuk melakukan pembangunan sesuai spesifikasi RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang ada.


"Kita kerjakan mengacu RAB agar jalan ini memiliki mutu kualitas maksimal. Untuk volume jalan ini sepanjang 130 meter dengan lebar 4meter, sementara anggarannya menggunakan DD senilai Rp.160.657.500," tandas Fery yang juga didampingi Febry Sekertaris Desa setempat.


Kini, jalan yang semula hancur lebur itu telah nyaman dinikmati masyarakat berkat alokasi DD tahap pertama tahun ini. 


Dengan mantapnya jalan tersebut pula nampaknya sedikit beban Pemkab Lampura telah terbantu oleh Pemdes Sinarmas Alam.


Meski jalan di bawah naungan Dinas PU-PR Lampura itu telah diperbaiki oleh Pemdes Sinarmas Alam, namun pantauan wartawan kejoranews di lapangan masih terdapat sejumlah titik jalan lainnya di wilayah desa setempat yang  memprihatinkan sehingga masih perlu menjadi catatan PR bagi Pemkab Lampura.


(Ky)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama