Perhatikan Kesehatan Lansia, Lapas Brebes Rutin Adakan Posyandu Lansia


Perhatikan Kesehatan Lansia, Lapas Brebes Rutin Adakan Posyandu Lansia

Pos Pelayanan Terpadu Lansia Lapas Brebes -
BREBES  I  KEJORANEWS.COM : Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lanjut usia (lansia) yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes  mendapatkan pelayanan kesehatan dari Klinik Lapas Brebes, Rabu (10/1/2024).


Pelayanan kesehatan kepada WBP  lansia ini dilakukan oleh  Dokter Lapas Brebes dan tenaga Kesehatan dari Puskesmas Brebes. 


Kalapas Brebes, Isnawan mengatakan, pelayanan kesehatan WBP lansia tersebut merupakan program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) lansia yang dikhususkan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang berusia lanjut.


"Posyandu lansia bisa menyediakan layanan kesehatan dasar, terutama yang bersifat preventif dan promotif untuk warga binaan berusia lanjut," kata Isnawan.


Isnawan menjelaskan, Posyandu lansia tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan lansia baik fisik maupun psikologis. Pasalnya, warga binaan yang berusia lanjut lebih rentan terhadap penyakit.


"Harapannya kualitas hidup mereka bisa meningkat dan risiko terjadinya keparahan penyakit juga akan berkurang sehingga bisa hidup lebih tenang dan bahagia," lanjutnya.


Sementara itu dokter Lapas Brebes, dr. Endang Maryani mengatakan, Posyandu lansia memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan oleh petugas mulai dari keluhan yang dihadapi, tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat.


Posyandu lansia juga melaksanakan kontrol rutin untuk melihat perkembangan kesehatan agar ada peningkatan usia harapan hidup warga binaan usia lanjut semakin meningkat.


Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pemberian makanan tambahan kepada warga binaan lansia. 


"Mari kita semua selalu menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat dengan selalu memperhatikan kebersihan diri maupun lingkungan," ajak dr Endang. 


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama