Bawaslu Lakukan Pengawasan pada Proses Sorlip Syarat Suara


Bawaslu Lakukan Pengawasan pada Proses Sorlip Syarat Suara


BANJAR | JABARCENNA.COM,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjar melakukan pengawasan proses sortir dan lipat (Sorlip) surat suara untuk Pemilu 2024, di Gudang Logistik KPU Jalan Siliwangi Kota Banjar, Rabu ( 10/01/2024).

Hal tersebut untuk memastikan pelaksanaan sorlip yang dilakukan oleh KPU Kota Banjar berjalan dengan lancar dan tidak ada kecurangan.

Seperti disampaikan Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar, bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan hingga hari terakhir proses sorlip surat suara Pemilu 2024.

"Hari ini kita menurunkan 10 personil untuk melakukan pengawasan. Kita melihat proses sorlip tersebut sesuai dengan prosedur dan jadwal. Meskipun dari KPU sendiri memberikan rambu-rambu/ tata tertib kepada petugas Sorlip selama pelaksanaan sortir dan lipat surat suara, " ucapnya saat ditemui di Gudang Logistik KPU Kota Banjar, Rabu (10/01/2024).




Rudi menambahkan, dalam hal ini KPU bertanggung jawab dalam proses sortir, namun KPU melibatkan masyarakat dari luar. Dan pihaknya juga memastikan ketepatan waktu. Dimana untuk proses sorlip ini melibatkan 80 orang petugas, yang akan bekerja selama 10 hari.

"Kita menjaga netralitas mereka. Jangan sampai ada petugas sortir yang keluar dari jalur dan prosedur yang ada. Selain itu kita lihat juga dalam satu hari ini, mereka bisa menyelesaikan berapa banyak surat suara", tandasnya.

Di hari pertama pelaksanaan sorlip, dimulai dengan surat suara untuk PPWP ( Pemilihan Presiden Wakil Presiden).

"Untuk sortir dan lipat DPRD Kota saya memberi saran untuk diakhirkan, karena di sana ada proses Dapil. Jangan sampai nantinya tertukar, misalnya surat suara Dapil 1 masuk ke Dapil 2, " pungkasnya. Tm

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama