Produk Unggulan WBP Lapas Brebes Tampil di Pameran UMKM Galeri Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah


Produk Unggulan WBP Lapas Brebes Tampil di Pameran UMKM Galeri Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah

SEMARANG  I  KEJORANEWS.COM : Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes ikut memeriahkan kegiatan Pameran UMKM GALERI PEMASYARAKATAN dengan menampilkan produk unggulan kerajinan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bertempat di Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah pada kegiatan Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi III DPR RI, Senin (11/12/2023). Hadirnya Lapas Kelas IIB Brebes di pameran ini untuk mengenalkan beragam produk yang dihasilkan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 


Beragam produk kerajinan yang dihasilkan oleh WBP Lapas Kelas IIB Brebes ditampilkan pada ajang ini seperti Sweater, Tas Spunbond, Celana Dalam, sandal hotel, paper bag dan beberapa karya WBP lainnya. Tidak kalah membanggakan lagi, produk kerajinan yang dihasilkan ini sebagian besar bahan baku yang digunakan berasal dari limbah daur ulang.


Sontak saja, produk WBP Lapas Kelas IIB Brebes  ini memperoleh perhatian dari Anggota Komisi III DPR RI  yang penasaran dengan beragam produk yang ditampilkan tersebut. 


Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan yang pada kesempatan yang sama hadir pada kegiatan RDP  menyebutkan bahwa pameran ini diselenggarakan untuk memperkenalkan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan kepada masyarakat luas. Isnawan juga menyebutkan bahwa walaupun sedang menjalani masa pidana di Lapas Brebes, WBP masih mampu berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat, disamping itu untuk menumbuh kembangkan peranan WBP untuk ikut serta dalam pembangunan setidak-tidaknya mampu hidup mandiri setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Saat mendampingi Komisi III DPR RI, Tejo Harwanto turut memberikan apresiasi terhadap produk hasil karya WBP saat meninjau pelaksanaan pameran. Produk yang dihasilkan oleh WBP tersebut mempunyai kesan tersendiri karena tidak hanya memiliki nilai guna tetapi juga bernilai estetis.


Adanya Pameran ini membuktikan bahwa WBP di Lapas Kelas IIB Brebes tidak hanya menghabiskan waktu , tetapi tetap produktif dengan berbagai karya yang dihasilkan. Semua ini dapat dilakukan oleh WBP tidak terlepas dari pembinaan dan pelatihan keterampilan yang mereka peroleh selama ini.


(Salam)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama