Sudah 4 Tahun, Pasar Ikan dan Dermaga Senilai Rp100 Miliar Belum Terealisasi


Sudah 4 Tahun, Pasar Ikan dan Dermaga Senilai Rp100 Miliar Belum Terealisasi

Kadis Perikanan Kabupaten Natuna, Hadi Suyanto-
NATUNA | KEJORANEWS.COM :Sudah hampir 4 tahun, pembangunan pasar ikan terbesar di Ranai yang dulu disebut-sebut sebagai salah satu sentral perikanan di ibukota hingga kini tidak diketahui kapan akan dibangun.


Sejak digaungkan tahun 2019 lalu, proyek pembangunan pasar ikan dan dermaga senilai Rp 100 miliar bantuan dari hasil kerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) hingga sekarang tak kunjung terealisasikan.


Padahal Pemerintah daerah Kabupaten Natuna melalui Dinas terkait telah menyiapkan semua fasilitas yang diminta, mulai dari lahan, perencanaan, pengawasan sampai akses jalan sudah semua selesai. Namun pembangunan fisik pasar ikan Ranai belum juga menampakkan hasilnya.



 Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Natuna Hadi Suyanto mengaku, bahwa pihaknya sudah mencoba berkoordinasi dengan KKP terkait proses kelanjutan pembangunan Pasar ikan Ranai.


“Untuk koordinasi dengan KKP RI terkait pembangunan Pasar Ikan Ranai dengan dana hibah dari pemerintah Jepang itu sudah sering kita lakukan. Namun hingga kini belum ada kelanjutannya,” jelas Hadi Suyanto, Senin (6/11/2023).


Pria yang akrab dipanggil Jlojo ini  menambahkan, untuk proses lelang bangunan fisik pasar ikan tersebut sudah 2 kali dilakukan oleh Kementerian namun selalu gagal.


“Jadi proses kesiapan mulai dari perencanaan, DED dan lain sebagainya sudah kita selesaikan, namun setelah dilakukan proses lelang selalu gagal. Sudah dua kali dilakukan pertama tahun 2022 lalu, dan tahun 2023 ini juga gagal,” tambah Jojo.


Informasinya, JICA memberikan dana hibah sebesar Rp 100 miliar kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dana ini akan digunakan untuk pembangunan Pasar Ikan Ranai Rp. 57 milyar dan sisanya untuk pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Natuna. 


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama