Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas, Kantor Pertanahan Malaka Telah Jalankan Sejumlah Program


Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas, Kantor Pertanahan Malaka Telah Jalankan Sejumlah Program

Kepala Pertanahan Kabupaten Malaka Ridonsius Djula S.ST-
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Kantor Pertanahan menggelar kegiatan Sosialisasi  Pembangunan Zona Integritas di Aula Kantor Pertanahan Malaka, desa Harekakae, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/11/23).


Terkait kegiatan itu, Kepala Pertanahan Kabupaten Malaka Ridonsius Djula S.ST, kepada media menyampaikan bahwa dalam tahun 2023 pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan atau program.


" Kegiatan sistematis lengkap dari target sertifikat sebanyak 3.072 bidang tanah,  sudah terlaksana dengan baik yang terdiri dari 3 Kecamatan, Kecamatan Iokufeu, Laenmanen dan Malaka Timur.  Di Iokufeu sendiri itu tersebar di 4 desa yaitu desa Ikantuanbes sebanyak 702 sertifikat, desa Kufeu 408 sertifikat, desa Tunmat 450 sertifikat dan desa Tunabesi 428 sertifikat. Sedangakan di Kecamatan Laenmanen paling terbanyak di desa Naukekusa yakni 800 sertifikat dan untuk Kecamatan Malaka Timur paling sedikit terdapat di desa Dirma terakomodir 84 sertifikat,karena memang K3 lanjutan. Sekarang target sertifikat kegiatan PTSL, " kata Ridonsius.


Lanjutntnya, untuk sebidang tanah yang satuan hektar, ini dari 5.023 hektar mereka telah baru mencapai ± 2.000an hektar. 


" Di samping kegiatan sistematis kita di PTSL sistematis lengkap, juga ada kegiatan nonsistematis atau kegiatan sertifikat hak atas tanah mandiri yang sifatnya lintas sektor, di mana hanya 58 sertifikat hak atas tanah, dan kemarin awal November di tanggal 10 bertepatan dengan hari pahlawan, saya sendiri yang menyerahkan 20 sertifikat di Kecamatan Botinleobele desa Babotin Maemina. Di desa Maktihan 12 sertifikat,  di Lakekun Utara 16 Sertifikat, dan Wemeda 10 sertifikat, terang Ridonsius.


Terkait penanganan akses reform agraria katanya, kini ada dikecamatan Weliman yang terdiri dari desa Angkaes, Lamudur dan Haliklaran targetnya 100 KK  dan realisasi hampir 100% .

Kegiatan Sosialisasi  Pembangunan Zona Integritas


(Guntur)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama