Kelompok Nelayan Nathedan Terima Satu Unit kapal dan Perlengkapannya


Kelompok Nelayan Nathedan Terima Satu Unit kapal dan Perlengkapannya

Penyerahan Kapal Motor ke Kelompok Nelayan Nathedan-
MALAKA I KEJORANEWS.COM : Kelompok Nelayan Nathedan dusun Debuk Kametan, Desa Motaain, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, menerima 1 Unit paket Kapal motor penangkap ikan dan perlengkapannya,  dengan kapasitas 15 PK merek Yamaha dari Pemerintah Desa Motaain. Jumat (13/10/2023).


Penyerahan kapal tersebut diserahkan Kepala Desa ( Kades ) Motaain, Ambrosius Klau, SS kepada Plt Kadis PMD Klaudius Kapu yang mewakili masyarakat kelompok nelayan tersebut.


Dalam kegiatan penyerahan itu Klaudius Kapu meminta masyarakat penerima bantuan kapal nelayan yang berasal dari Dana Desa ( DD) tahun 2023 itu, dapat memanfaatkannya dan menghasilkan ikan untuk kebutuhan kelompok nelayan tesebut.


" Saya kira ini sudah ada jalan terbuka terutama untuk bisa mendukung lagi desa- desa yang ada di pesisir pantai guna meningkatkan kesejahteraan kelompok maupun masyarakat di desa. Ini salah satu langkah maju terutama oleh Kepala desa Motaain, walaupun baru satu unit tetapi ini merupakan salah satu langkah maju dan kiranya ke depan Pak Kades Motaain bisa menambahkan lagi satu unit," ungkap Klaudius.


Kepala desa Motaain Ambrosius Klau, SS menjelaskan, berdasarkan kebijakan pemerintah pusat, kabupaten dan desa. Terkait dengan ketahanan pangan, tahun ini pemerintah desa Motaain menerima total Dana Desa  sebesar Rp800 juta lebih juta, 90% untuk ketahanan pangan dan salah satunya satu unit kapal motor penangkap ikan dengan kapasitas 15 PK dengan merek Yamaha tersebut.


Ia juga menyampaikan bahwa kelompok nelayan Nathedan, beranggotakan sebanayak7 KK.


" Kebijakan yang diambil pemerintah desa karena melihat wilayah Motaain ini memiliki pesisir pantai yang panjang dan potensial untuk nelayan, oleh karena itu dengan melihat potensi yang ada lalu ketersedian, masyarakat bersiap untuk menjadi nelayan maka kami duduk bersama mengambil kebijakan dan memutuskan tahun ini nelayan kami dengan kelompok Nathedan mendapatkan satu unit Kapal motor penangkap ikan." Jelasnya.


Harapan Ambros kepada kelompok penerima manfaat untuk mengelola apa yang telah diterima itu dengan baik demi kepentingan kelompok dan keluarga yang terdiri dari tujuh (7) KK tersebut.


" Saya sampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah Desa Motaain yang sudah memperhatikan kebutuhan kami masyarakat pesisir pantai dengan memberikan satu Unit Kapal motor penangkap ikan. Tentu dengan ini kami masyarakat Motaain khususnya Kelompok Nathedan sangat senang karena Pemerintah desa telah berkerja semaksimal mungkin sehingga hari ini kelompok kami telah menerima bantuan satu Unit Kapal motor penangkap ikan beserta alat tangakap lainnya, "terang  Ketua Kelompok Nathedan Antonius Klau saat menerima satu Unit Kapal Motor Penangkap Ikan dari DD tahun 2023.

Kepala Desa Motaain Ambrosius Klau,SS


(Guntur)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama