Kekeringan, BPBD Mesuji Distribusikan Air Bersih ke Masyarakat Tanjung Serayan


Kekeringan, BPBD Mesuji Distribusikan Air Bersih ke Masyarakat Tanjung Serayan

BPBD saat Distribusikan Air-
MESUJI I KEJORANEWS.COM : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji mendistribusikan air bersih untuk masyarakat Desa Tanjung Serayan, Kecamatan Mesuji.Minggu (8/10/2023).


Terkait pendistribusian itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD), Sunardi mengatakan bahwa pada musim kemarau panjang saat ini, banyak masyarakat Kabupaten Mesuji Lampung mengeluhkan kurangnya air bersih karena sumur mereka mengalami kekeringan.


" Cuaca saat ini merupakan pengaruh dari El Nino. Kemarau kali ini sudah diprediksi lebih panjang karena dipengaruhi fenomena cuaca dari Samudera Pasifik Tengah dan Timur. Akibatnya sebagian wilayah Kabupaten Mesuji sudah kekeringan, sumber air warga sudah tidak ada lagi. Sehingga warga kesulitan mendapat air bersih. Oleh karena itu, Pemkab Mesuji memberikam bantuan air bersih secara berkala alias bergantian agar warga memperoleh air bersih," ujar Sunardi, ketika dikonfirmasi.


Ia mengungkapkan kalau penanganan kekeringan tersebut menjadi tanggung bersama. Ia berharap kemarau dapat segera berlalu dan hujan segera turun.


" Semoga pendistribusian air bersih ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak kekeringan," tuturnya.


Sutinah (58 tahun), salah satu warga Desa Tanjung Serayan menceritakan bahwa selama ini warga harus mencari air bersih ke lokasi yang jauh dari tempatnya. Oleh karena itu dia mengaku sangat berterima kasih dengan adanya bantuan air bersih dari Kalak BPBD Mesuji.


" Air bersih ini sangat membantu kami. Semoga bisa meringankan beban kami, semoga yang memberi bantuan bisa membantu lagi," harapnya.


Hal yang sama disampaikan oleh Sri Utami (62 Tahun) warga lainnya, ia menyatakan berterima kasih dengan bantuan BPBD Mesuji.


"Alhamdulillah kami senang sekali dapat bantuan dari Kalak BPBD Kabupaten Mesuji Lampung. Bantuannya berupa air bersih ini sangat bermanfaat dan bisa dipergunakan untuk mandi bahkan memasak," jelasnya.


(Mumu Mahfudin/Yusri)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama