Dinas Perikanan Natuna Imbau Para Nelayan agar Waspada terhadap Cuaca Buruk


Dinas Perikanan Natuna Imbau Para Nelayan agar Waspada terhadap Cuaca Buruk

Kadis Perikanan Natuna, Hadi Suyanto-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Kabupaten Natuna saat ini tengah menghadapi musim Utara yang identik dengan cuaca buruk, dan gelombang laut yang tinggi. Kondisi ini tidak jarang mengancam para nelayan yang terkadang tetap nekad melaut dikarenakan tuntutan ekonomi.


Kepala Dinas Perikanan ( Diskan) Kabupaten Natuna, Hadi Suyanto, melalui pesan singkatnya menghimbau, agar nelayan tetap waspada  terhadap kondisi cuaca saat ini.


"Menghadapi cuaca yg mulai extrim, Dinas perikanan tetap menghimbau agar para nelayan yg bergerak dibidang perikanan tangkap , harus tetap waspada terhadap cuaca yg sudah mulai tidak bersahabat yang akan mengakibatkan kecelakaan yang akan mengancam keselamatan para nelayan," ujar Hadi Suyanto yang akrab dipanggil Jojo ini, Selasa (24/10/2023).


Selain itu bagi nelayan yang tetap nekad melaut, Jojo menghimbau agar tetap mengupdate kondisi cuaca baik melalui informasi yang ada dalam media sosial, maupun media massa.


"Harus selalu Update terhadap berita cuaca apabila akan melakukan kegiatan penangkapan ikan di laut," imbuh Jojo.


Hadi Suyanto menambahkan, bahwa pihaknya tetap selalu mengingatkan para nelayan  agar selalu berhati -hati dan tidak memaksakan diri turun melaut, saat cuaca kurang bersahabat.


"Secara Lokus ke lokus tempat perkumpulan nelayan kami akan menghimbau itu semua," tambah Jojo.


Sementara itu mengantisipasi ketersediaan ikan segar di pasaran Natuna, pada saat musim utara,  terutama di Kota Ranai, Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, akan bekerjasama dengan pelaku usaha perikanan yang memiliki cool storage agar dapat membantu memenuhi kebutuhan ikan lokal.


"Untuk mengantisipasi terhadap stock pangan (ikan) , Diskan akan bekerja sama kepada Pengepul Ikan lokal yang memiliki Cold Storage, agar bisa menyisakan beberapa ton ikan untuk kebutuhan lokal pasca musim utara," tandas Hadi Suyanto.

Kapal Nelayan Natuna

Pasar Rakyat Ranai, Sentra Perikanan Natuna

Peringatan cuaca buruk dari BMKG


(Piston -Lipsus)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama