Gelar Harkonas 2023, Sapma Pemuda Pancasila Harap Konsumen di Banjar Cerdas Bertransaksi


Gelar Harkonas 2023, Sapma Pemuda Pancasila Harap Konsumen di Banjar Cerdas Bertransaksi

 

Sapma Pemuda Pancasila Kota Banjar, Diskukmp Kota Banjar, Disperindag Jawa Barat dan Toserba Yogya Banjar saat memperingati hari konsumen nasional 2023


Banjar | Kejoranews.com - Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Cabang Kota Banjar menggelar peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Toserba Yogya Kota Banjar, Sabtu (2/8/2023).

Kegiatan tersebut mengusung tema "Konsumen Berdaya Ekonomi Berjaya". Kegiatan tersebut digelar  dengan berkolaborasi bersama Toserba Yogya dan Diskukmp (Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan) Kota Banjar, Jawa Barat.

EO perwakilan Sapma Pemuda Pancalisa Kota Banjar, Irsyad Al-Haq usai peringatan Harkonas mengatakan, ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk konsumen hadiri.

Irsyad menilai, acara ini sangat penting untuk konsumen agar mereka bisa memahami hak dan kewajibannya saat bertransaksi barang maupun jasa

"Menurut saya edukasi seperti ini harus lebih ditingkatkan agar konsumen bisa lebih paham hak dan kewajibannya, jika mereka paham tentu akan terwujud konsumen berdaya, ekonomi berjaya,"jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Diskukmp Kota Banjar, Edi Hardianto mengatakan di hari konsumen nasional ini pihaknya berharap konsumen di Indonesia khususnya di Banjar bisa lebih cerdas dalam bertransaksi.

Menurutnya, konsumen diwajibkan mengetahui barang yang di belinya,  dan yang harus diperhatikan konsumen dalam bertransaksi pertama mereka harus mengetahui lebel produk yang dibelinya.

"Konsumen harus mengrtahui produk itu memiliki lebel SNI dan ada kadaluarsanya atau pun lebel produk lainnya,"jelasnya.

"Dengan begitu mereka akan terlindungi dari ancaman yang di khawatirkan dampak dari produk itu sendiri,"kata dia menambahkan.

Edi juga mengimbau kepada semua penyedia barang baik ritel atau pun pedagang lainnya untuk bisa menjual atau menyediakan barang yang memang layak untuk di konsumsi konsumen.

"Jika hal tersebut tercipta otomatis konsumen berdaya dan ekonomi berjaya,"lanjut ya.

Sementara itu dari pantauan kegiatan Hari Konsumen Nasional yang digelar di Toserba Yogya ini merupakan peringatan Harkonas secara serentak di kota/kabupaten se-Jawa Barat.

berbagai rangkaian disajikan baik hiburan ataupun edukasi mengenai perlindungan konsumen untuk mewujudkan tema yang di usung dalam Harkonas tahun ini yakni Konsumen Berdaya Ekonomi Berjaya. (AO).


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama