Flu Singapura Ditemukan di Natuna


Flu Singapura Ditemukan di Natuna

Kepala UPTD kecamatan Bunguran Timur/
Puskesmas Ranai, H. Nazri-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Masyarakat Indonesia saat ini tengah dihebohkan oleh virus flu singapura atau enterovirus. Virus yang juga dikenal dengan Head,Foot Mouth Desies (HFMD) mulai merebak sejak pertengahan bulan Agustus 2023 lalu.


Saat ini virus  yang kebanyakan menyerang anak - anak ini juga telah ditemukan diderita anak di Natuna, tepatnya di wilayah Kecamatan Bunguran Timur.


Kepala Puskesmas Ranai, Nazri melalui sambungan telepon menyebutkan, telah ada 5 orang pasen usia anak - anak yang diketahui menderita flu dengan ciri - ciri flu singapura.


Kelimanya diketahui terkena flu singapura melalui kunjungan saat berobat di Puskesmas.


" Diketahui dari ciri - ciri yang mereka derita,seperti sariawan. Alhamdulillah semua sudah sembuh," jelas Nazri, Jum'at (22/09/2023).


Kelima penderita flu singapura tersebut berusia anak - anak, berusia antara 2 hingga 5 tahun.


Masa inkubasi flu singapura didalam tubuh dapat mencapai 14 hari atau 2 minggu, namun dengan penanganan khusus dan cepat maka pasen akan dapat lebih cepat sembuh.


Nazri menambahkan bahwa gejala penyakit  flu singapura lebih ringan daripada cacar,namun gejalannya hampir mirip. penderita flu singapura dianjurkan untuk banyak minum air putih, istirahat yang cukup,  minum obat penurun panas dan vitamin.


" Penyakit flu Singapura ini lebih ringan daripada cacar, bahkan penderita flu singapura cukup diberi obat penurun panas, vitamin dan banyak minum air putih, dalam waktu 7 sampai10 hari dapat segera sehat," tambah Nazri.


Penyakit flu Singapura ini umumnya disebabkan oleh strain coxsackievirus dan yang paling sering adalah jenis A16. Coxsackievirus adalah bagian dari kelompok virus yang disebut dengan enterovirus. Virus ini dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain.


Virus jenis ini menyebar ke jaringan di mulut, sekitar amandel, dan masuk ke dalam sistem pencernaan. Pada akhirnya, penyakit ini akan menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Namun, sebelum menyerang ke organ vital di dalam tubuh, sistem kekebalan akan berusaha mengendalikannya.


Piston

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama