Pemkab Natuna Lakukan Kajian Akademis dengan Akademisi tentang Pembentukan Provinsis Natuna Anambas


Pemkab Natuna Lakukan Kajian Akademis dengan Akademisi tentang Pembentukan Provinsis Natuna Anambas

Bupati Wan Siswandi Sampaikan Kata Sambutan-
NATUNA I KEJORANEWS.COM : Kajian Akademis Tenaga Ahli bersama masyarakat Kabupaten Natuna tentang Pembentukan Provinsi Natuna Anambas yang  dilaksanakan  di Gedung Sri Serindit, Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, Jum’at (26/5/2023) dibuka secara resmi oleh  Bupati Natuna, Wan Siswandi.


Pada kesempatan itu,kepala daerah Natuna ini secara langsung menyatakan dirinya mendukung penuh usulan pemekaran Provinsi Natuna Anambas.


"Sudah waktunya Natuna ini harus provinsi, sebelum mubes saya sudah ketemu dengan Mendagri terkait hal ini, saya tanyakan apakah tugas saya sebagai bupati sebagai perpanjangan tangan Pusat, Posisi saya seperti apa Kalau ada yang meminta pembentukan Provinsi, jawaban dari Mendagri segera tampung aspirasi tersebut,” kata Bupati Natuna.


Sebelumnya pemerintah Kabupaten Natuna, pada tahun 2017 sudah membuat kajian terkait pembentukan provinsi ini. Oleh karenanya dari dulu proses ini sudah dilakukan oleh pemerintah daerah seperti membangun infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia dan juga pembangunan perekonomian.


“Hal ini dilakukan guna menjawab tantangan kedepan seperti wacana pemekaran daerah baru seperti yang sedang kita perjuangkan saat ini, sehingga kalau DOB ini terjadi semua unsur sudah terpenuhi,” tambah Bupati.


Sementara itu menyinggung mengenai infrastruktur pembentukan Provinsi, Wan Siswandi menyampaikan jika normal  harus ada lima Kabupaten.


“Apakah Natuna dapat menjadi Provinsi  khusus, harapan kita iya. Namun proses ini harus tetap kita laksanakan tahapan demi tahapan agar pembentukan Provinsi Natuna Anambas bisa kita rasakan,” tambah Bupati.


Bupati menambahkan, Natuna ini adalah kawasan strategis dan berada di perbatasan ,daerah terluar dan juga di sini aparatur sanksi seperti TNI AL Lanud sudah naik tipe.


“Tentunya hal ini juga menjadi pertimbangan dalam kajian akademis nantinya. Saya sudah mempersiapkan infrastruktur seperti Jalan, listrik dan air (bendungan), bandara di Kabupaten Natuna, ini salah satu indikator untuk Persiapan Natuna Sebagai Provinsi,” ujarnya.


Sedangkan untuk Peningkatan SDM Bupati menjelaskan pemerintah daerah sudah MOU dengan Akamigas dan sejumlah perguruan tinggi ,diantaranya Universitas Pertamina, Universitas Perkapalan Surabaya, MOU dengan Universitas PLN, Kementrian KKP, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Perdagangan untuk Beasiswa dan kuliah gratis anak-anak Natuna.


“Tentunya hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan ke depan. Menyiapkan SDM unggul anak daerah dalam menghadapi lapangan kerja yang tersedia di Natuna Nantinya jika pemekaran ini terjadi,” kata Wan Siswandi.


Bupati mengatakan dirinya menjalankan tugas sesuai dengan perintah Mendagri untuk menampung aspirasi terkait pembentukan Provinsi Natuna Anambas ini.


“Fokus saya di tahun pertama adalah Infrastruktur, tahun kedua peningkatan SDM dan Infrastruktur, tahun ketiga peningkatan Ekonomi. Dengan Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Acara Kajian Akademis Pembentukan Provinsi Natuna Anambas Resmi Saya Buka,” tutupnya.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan kajian Akademis oleh Dekan Fisip Umrah, DR Oksep Adhayanto, SH MH.

Pejabat Instansi dan Tamu Undangan lainnya


(Piston)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama